Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > BABY SPA
BENARKAH PIJAT BAYI BIKIN KETAGIHAN?
BENARKAH PIJAT BAYI BIKIN KETAGIHAN?

Pijat  memang bikin bayi relaks, bikin bayi tidur lebih nyenyak, dapat meningkatkan nafsu makan bayi, dan sebagainya. Tapi apa benar pijat bikin bayi ketagihan?

Pijat sebagai bentuk terapi tertua, tak hanya dinikmati orang dewasa namun juga bayi. Jadi wajar, kok, kalau bayi senang dipijat. Tentang  pijat bayi yang dianggap bisa bikin ketagihan, belum ada penelitian yang mendukung hal itu.

Seperti kita ketahui, pijat merupakan salah satu cara untuk mengekspresikan rasa  cinta  dan perhatian Bunda pada bayi. Dengan dipijat bayi akan lebih tenang, pijat juga akan membantunya tidur lebih nyenyak. Begitu banyak manfaat pijat untuk bayi, termasuk meningkatkan berat badan karena ia akan lebih bersemangat menyusu, membantu pencernaan, memperbaiki metabolisme, dan sebagainya.  Secara sederhana, dapat dikatakan, tujuan pijat pada bayi adalah untuk mengoptimalkan pertumbuhan serta perkembangannya.

Bagi Ibu, memijat si kecil juga akan menyumbang banyak manfaat. Bukankah Ibu akan merasa bahagia saat memijat lembut buah hati?  Pijat yang Ibu lakukan juga dapat meningkatkan ikatan batin antara bayi dan Ibu. Jadi, bila dilihat dari sederet manfaat yang akan diperoleh dari pijat bayi, tampaknya isu bahwa pijat bisa bikin bayi ketagihan dapat kita abaikan.

BOLEH PIJAT SETIAP HARI
Bila bayi memang senang dipijat, boleh-boleh saja, kok, memijatnya setiap hari, karena pijat bayi memang disarankan dilakukan secara rutin  selama 15 - 30 menit setiap hari. Ibu dapat menggunakan  My Baby Minyak Telon Plus untuk memijat bayi.  My Baby Minyak Telon Plus  bisa melindungi bayi dari gigitan serangga/nyamuk hingga 6 - 8  jam. Namun jangan melupakan fungsi utama minyak telon yakni menghangatkan tubuh bayi  dan bisa meringankan  perut kembung buah hati.

Untuk mengurangi perut kembung dan melancarkan pencernaan  bayi, gunakan My Baby Minyak Telon Plus  lalu lakukan gerakan pijatnya seperti menuliskan "I Love U".  Mulailah  pijatan lembut dari dada kiri si kecil ke arah perut bawah, seperti huruf  "I", lakukan sebanyak enam kali pengulangan, ya Bu. Selanjutnya, gerakan pijatan seperti membentuk huruf  "L" terbalik, dari dada kanan ke dada kiri turun ke perut bawah kiri. Ini juga dilakukan enam kali pengulangan. Terakhir, gerakan pijatan menyerupai huruf "U" terbalik,  mulai perut bawah sebelah kanan ke arah perut bawah kanan.  Gerakan pijatan tersebut mengikuti alur usus besar. Usus besar atau kolon dalam anatomi tubuh adalah bagian antara usus buntu dan rektum. Jadi, pijatan "I Love U" akan  membantu mendorong kotoran ke anus sehingga pencernaan bayi semakin lancar.

Nah, begitu banyak manfaat pijat bayi, jadi tak perlu khawatir lagi tentang isu pijat bayi bisa bikin ketagihan ya, Bu!

Tags : pijat bayi, pijat bayi bikin ketagihan, manfaat pijat bayi, My Baby