Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > BABY SPA
Pentingnya Stimulus dari Bunda
Pentingnya Stimulus dari Bunda

Bagi si Kecil, Bunda adalah tempat belajar di dunia yang baru dihuninya. Semua yang Bunda lakukan begitu bermakna dalam kehidupannya.
Untuk mempererat ikatan batin antara Bunda dan si Kecil, sentuhan hangat Bunda sangatlah penting buat dirinya. Si Kecil akan merasa dirinya terlindung, nyaman, dan dicintai. Perasaan positif inilah yang akan membantu proses tumbuh kembangnya dan mendukung kecerdasannya. Kelak, si Kecil akan mampu berkembang sebagai pribadi yang membanggakan dan termotivasi untuk meraih cita-citanya.

Apa saja stimulasi yang bisa Bunda berikan kepada si Kecil?

  • “Kangaroo Care”. Istilah ini banyak dikenal untuk bayi yang baru lahir. Terutama untuk bayi-bayi yang lahir prematur, Kangaroo Care sudah terbukti membantu memulihkan kondisi bayi. Bunda dan juga Ayah, selama beberapa jam sehari diharuskan untuk memeluk si Kecil (skin-to-skin). Bayi yang mendapat perawatan ini secara signifikan tidak mundah menangis, tidur lebih nyenyak, bernafas lebih lega, mampu minum ASI secara optimal, dan pada akhirnya berat badannya pun cepat naik. Manfaat lainnya, Bunda akan semakin percaya diri merawat si Kecil.
  • Mengobrol. Meski tampaknya si Kecil belum bisa merespon kata-kata Bunda, tapi secara psikologis dirinya bisa merasakan tensi dari semua ucapan Bunda. Sebagai stimulus untuk tumbuh kembangnya, ajaklah si Kecil berbicara dengan suara lembut dan menenangkan.
  • Memijat. Salah satu manfaat pijatan adalah untuk memperlancar peredaran darah. Setiap pagi sehabis mandi, Bunda bisa memberikan pijatan pada si Kecil, dengan menggunakan baby oil maupun minyak telon dan tekanan lembut. Hangatnya pijatan Bunda akan membuat si Kecil semakin nyaman.
  • Berikan perhatian. Si Kecil memang akan selalu meminta perhatian Bunda, jadi  jangan abaikan rengekan atau tangisannya. Curahkan perhatian Bunda sepenuh hati sehingga si Kecil merasa dimengerti oleh Ayah dan Bundanya. Namun ingat, memberi perhatian bukan berarti memanjakannya, lho.

Tags : my baby, perawatan bayi, kulit bayi, sabun bayi, minyak telon, bedak bayi, kebersihan bayi