Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > BABY SPA
Tips Baby Spa di Rumah
Tips Baby Spa di Rumah

Sentuhan Ibu saat memijat buah hati, saat memandikannya, saat mengusapnya,  merupakan kontak fisik yang luar biasa bermanfaat bagi tumbuh kembang  buah hati. Itulah mengapa baby spa dapat menjadi salah satu kegiatan favorit tak hanya bagi bayi, namun juga Ibu.

Apakah Ibu  pernah mencoba melakukan  sendiri baby spa di rumah? Selain dapat menghemat secara finansial, manfaat bagi si kecil pun luar biasa. Seperti yang disebutkan sebelumnya,  sentuhan (dan juga tentunya kontak mata) yang terjalin saat Ibu melakukan baby spa pada bayi akan menjalin kelekatan. Baby Spa juga telah lama dipercaya dapat melatih saraf motorik bayi dan melancarkan peredaran darah untuk membantu tumbuh kembangnya menjadi lebih baik

Betul, baby spa bisa dilakukan mulai usia bayi 3 bulan. Pada bayi  baru lahir  tidak disarankan melakukan kegiatan ini terkait dengan leher bayi  yang masih lemah untuk dipasangkan pelampung saat berenang atau berendam di air hangat. Namun untuk bayi yang baru lahir, Ibu tetap bisa melakukan pijatan (Infant Massage).

Seperti diketahui, baby spa hanya terdiri dari dua perawatan utama, yaitu berenang/berendam air hangat dan pemijatan. Manfaat berenang adalah untuk merangsang motorik bayi. Air hangat selain akan memberikan rasa nyaman untuk bayi, juga berfungsi melancarkan sirkulasi darah, meningkatkan kekebalan tubuh, dan menstabilkan tubuh bayi agar tidak mudah masuk angin.

Sedangkan pijat bayi berguna untuk merangsang  saraf motorik, memperbaiki pola tidur bayi, membantu pencernaan dan meningkatkan ketenangan  emosional buah hati, selain menyehatkan tubuh dan otot-ototnya. Bayi yang dipijat dengan baik dan teratur  dapat tumbuh lebih sehat dan berkembang lebih baik. Bahkan ada penelitian yang membuktikan, bayi prematur yang dipijat tiga kali sehari selama sepuluh hari mendapatkan kenaikan berat badan hampir 50%  lebih banyak, ia pun  lebih aktif dan waspada serta dapat meninggalkan rumah sakit enam hari lebih cepat dibandingkan bayi prematur lainnya.

Nah, Ibu siap melakukan baby spa? Sebelum melakukannya, pastikan bayi dalam kondisi yang nyaman, ia tidak dibangunkan paksa saat sedang tidur dan tidak diteruskan saat bayi menangis keras. Berikut 5 tips spa yang bisa Ibu lakukan di rumah:

  1. Pencahayaan dan suhu ruangan
    Ciptakan pencahayaan yang cukup, tidak terlalu terang, dan tidak terlalu gelap. Suara terkadang memberikan ketenangan dan kenyamanan untuk bayi, untuk itu putarkan musik atau menyanyilah untuk buah hati. Suhu udara juga sebaiknya tidak terlalu dingin atau terlalu panas.
     
  2. Aromaterapi
    Aromaterapi dapat digunakan untuk menenangkan bayi agar tidak gelisah dan dapat tidur dengan nyenyak. Beberapa pilihan aroma yang biasa digunakan untuk bayi seperti: lavender, mawar, lemon, atau chamomile.
     
  3. Pemijatan
    Lakukan pemijatan  selama kurang lebih 30 menit. Gosokkan sedikit My BABY Lotion (setengah sendok teh) pada telapak tangan Ibu untuk memudahkan pijatan di tubuh bayi. Jangan terlalu banyak memberikan tekanan dan hindari daerah tulang belakang. Sekali lagi, tenangkan bayi agar tidak bergerak saat dipijat dengan mengajaknya berbicara atau bernyanyi. Saat akan menghentikan pijatan, lakukan perlahan supaya bayi tidak kaget.
     
  4. Mandi
    Tahap  berikutnya pada perawatan baby spa, bayi akan dimandikan dengan sabun, seperti MY BABY  Milk Bath. Setelah itu, keringkan tubuh bayi dengan handuk dan oleskan MY BABY Minyak Telon Plus yang dapat membantu meringankan keluhan perut kembung dan mencegah flu pada bayi, serta melindungi bayi dari gigitan serangga/nyamuk hingga 6 - 8  jam.
     
  5. Mendandani
    Setelah selesai semua, dandani bayi supaya terlihat menawan. Gunakan MY BABY Powder pada tubuh bayi dan MY BABY Cologne pada pakaian bayi, sehingga bayi Anda akan wangi sepanjang hari.

Mudah, kan, Bu, melakukan baby spa sendiri di rumah?

Tags : baby spa, My Baby, 5 kriteria baby spa ideal