Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > KESEHATAN & NUTRISI
10 Rambu memijat bayi
10 Rambu memijat bayi

Perhatikan rambu memijat bayi agar manfaat pijatan didapat dengan maksimal.  

Berikut 10 rambu memijat bayi yang penting Bunda perhatikan:

1. Rambu memijat bayi yang pertama adalah tangan pemijat harus bersih dan kering sebelum memijat bayi. Cuci tangan menggunakan sabun dan keringkan dengan lap atau handuk.
2. Pastikan kondisi anak sehat. Selain itu, sebelum dipijat, bayi sebaiknya tidak sedang rewel, dalam kondisi ceria, tidak mengantuk atau lapar. Rambu memijat bayi ini penting agar manfaat pijat didapat.
3. Alas pijat bayi sebaiknya berbahan kain lembut, kering, dan bersih. Letakkan alas bayi di meja khusus untuk memijat bayi.
4. Lakukan komunikasi dengan bayi sebelum memijat. Katakan, ”Mama akan memberikan pijatan lembut dan menyenangkan untuknya.” Jangan lupa lakukan belaian pada tubuh dan muka bayi. Rambu memijat ini penting agar bayi lebih siap untuk dipijat.
5. Buat bayi relaks dengan mengajaknya berkomunikasi atau bernyanyi, sehingga ia lebih tenang dan tidak banyak bergerak kala dipijat.
6. Lakukan pijatan dengan lembut, jangan kelewat keras atau terburu-buru karena akan membuatnya tidak nyaman.
7. Lakukan pijatan dengan memutar dan perlahan sehingga bayi nyaman.
8. Agar lebih maksimal, selama memijat jangan lupa gunakan minyak telon, baby oil, atau baby cream. Pilih produk berbahan alami dan aman untuk kulit anak yang lembut dan sensitif. Rambu memijat bayi ini dapat menghindarkan gesekan keras yang dapat mengiritasi kulit bayi.
9. Pilih gerakan memijat yang tepat. Cari buku pijat bayi terpercaya. Sejatinya, tidak ada patokan baku dalam memijat bayi.  Hal penting, memijat adalah memberi usapan, sentuhan, dan tekanan pada kulit dan anggota tubuh bayi.
10. Durasi pijatan tidak ada patokan baku. Namun, durasi 10-15 menit cukup untuk melakukan pijatan. Lihat kondisi bayi. Bila bayi masih menikmati pijatan, terus lakukan. Tapi jika bayi kelihatan tidak nyaman atau rewel, itu pertanda pijatan harus segera dihentikan.  

Tags : pijat bayi, kesehatan bayi