Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > KESEHATAN & NUTRISI
4 Nutrisi Penting yang Diperlukan Anak
4 Nutrisi Penting yang Diperlukan Anak

Sebenarnya ASI dan susu formula sudah memenuhi nutrisi yang dibutuhkan bayi. Ditambah lagi jika bayi (di atas 6 bulan) sudah mulai mengonsumsi makanan pendamping ASI (MPASI). Namun tidak demikian jika Bunda sebagai penghasil ASI tidak mengonsumsi nutrisi yang seimbang, dan nutrisi dari MPASI yang diberikan tidak lengkap.

Untuk menutupi kekurangan itu, tidak ada salahnya jika Bunda memberikan Si Kecil vitamin tambahan. Menurut American Dietetic Association, suplemen bisa saja diberikan kepada bayi asal jumlah nutrisinya tidak berlebihan dari yang seharusnya dikonsumsi bayi. Jadi, sebelum memberikan bayi suplemen, perhatikan label pada kemasannya.

Berikut nutrisi yang harus ada dalam suplemen anak Anda:

Zat Besi
ASI dan susu formula mengandung zat besi yang baik bagi bayi Bunda. Namun sejak ia mulai makan makanan padat, kebutuhannya akan zat besi ini pun melonjak. Dari hanya 0,27 mg per hari (di 6 bulan pertama) menjadi 11 mg per harinya (hingga 12 bulan). Jumlahnya terus meningkat seiring dengan pertambahan usianya.

Dokter mungkin akan merekomendasikan suplemen zat besi jika anak Bunda tidak makan makanan kaya zat besi. Makanan yang mengandung zat besi adalah kacang lentil, kacang merah, kacang lima, kacang hitam, dan kacang pinto.

Vitamin D
Vitamin D juga bisa didapat dari sinar matahari, tapi itupun tidak cukup. Kulit anak masih sangat muda, tipis, dan halus. Terlalu lama berjemur atau melakukan kegiatan di bawah sinar matahari, meski itu di bawah pukul 10.00, tetap berisiko kanker kulit.

Vitamin B12
Vitamin B12 penting untuk perkembangan sistem saraf dan mencegah anemia. Vitamin ini secara alami dapat ditemukan dalam produk ikan, daging, unggas, telur, dan susu. Jika anak tidak banyak mengonsumsi protein hewani, ada suplemen pengganti yang bisa dikonsumsi anak Bunda.

DHA (asam lemak Omega-3)
DHA sangat penting bagi perkembangan otak dan mata anak. Secara proporsional, nutrisi ini terkandung dalam ASI. Namun jika anak sudah tidak lagi mengonsumsi ASI, melainkan susu formula, Bunda bisa memberikannya dalam bentuk suplemen tambahan.

FOTO: NUTRISI ANAK /DOK. COLES.COM.AU

Tags : ASI, asi, nutrisi, susu