Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > KESEHATAN & NUTRISI
5 Makanan untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh
5 Makanan untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh atau imunitas, bila diibaratkan merupakan barikade yang berjuang mati-matian memproteksi tubuh dari berbagai serangan “musuh” (kuman penyakit). Sayangnya, sistem pertahanan tubuh tidak selamanya stabil. Kadang naik, tapi tak jarang pula menurun secara drastis.  Ada berbagai cara untuk meningkatan imunitas buah hati, salah satunya dengan makanan, seperti lima makanan di bawah ini:

Sup ayam

Sup ayam telah lama dipercaya dapat membuat penderita flu merasa lebih baik.  Kuah hangatnya dapat membantu meluruhkan lendir di tenggorokan. Bumbu yang ditambahkan, seperti bawang putih dan bawang merah, dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, sayuran di dalam sup juga memberikan nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin D.

Yoghurt

Yoghurt mengandung probiotik atau bakteri  hidup yang  dapat menjaga usus  dari kuman penyebab penyakit. Karena yoghurt berbahan dasar susu, makanan ini juga mengandung vitamin dan mineral.  Yoghurt pun amat cocok dijadikan  camilan sehat  karena kandungan proteinnya yang tinggi dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. 

Cokelat

Yang dimaksud cokelat di sini adalah cokelat pahit atau dikenal juga dengan dark chocolate.  Ini adalah cokelat alami yang belum dicampur susu atau bahan lain. Keistimewaan dark chocolate  adalah rendah gula, namun tinggi kakao. Kakao mengandung flavanol, yakni antioksidan yang diyakini dapat melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas.

Serealia utuh

Biji-bijan utuh atau whole grain sangat berguna bagi kesehatan buah hati karena  memiliki karbohidrat kompleks, serat, dan protein yang tinggi, dengan lemak yang rendah.  Whole grain sering hanya dikaitkan dengan produk  gandum, namun istilah ini sebenarnya merujuk  pada keseluruhan bagian dari biji tanaman, seperti gandum, jagung, oat dan sebagainya.

Avokad

Buah yang juga biasa ditulis dengankata  alpukat ini mengandung magnesium. Beberapa manfaat dari magnesium adalah membuat tulang kuat, mengatur irama detak jantung tetap normal, dan  membantu mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh.

Tags : makanan, daya tahan tubuh, tingkatkan daya tahan tubuh