Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > KESEHATAN & NUTRISI
6 Cara Atasi Anak Sulit Makan
6 Cara Atasi Anak Sulit Makan

Di atas usia 1 tahun, anak biasanya mengalami sulit makan.

Di atas usia 1 tahun, anak umumnya akan mengalami sulit makan. Ini normal karena di usia ini, pertumbuhan mereka tidak secepat saat bayi. Pertambahan berat badan juga menurun. Ditambah lagi, mereka juga mulai menjadi aktif. Mereka sering kali tidak bisa diam, apalagi untuk makan. Selain itu, di masa ini anak masih mengalami penyesuaian makanan yang dikonsumsi, yang sebelumnya cair dan padat.

Saran Agar Tak Sulit Makan:

1.Kebutuhan kalori anak batita sekitar 1.000 – 1.300 kalori setiap harinya. Untuk memenuhi kebutuhan ini, biarkan mereka memilih cara makan mereka sendiri. Misal, sang buah hati suka memakan satu jenis makanan secara banyak, ikuti saja keinginannya itu. Atau ia lebih memilih makan sedikit demi sedikit tapi sering, ini pun sah-sah saja. Yang penting, kita menyiapkan makanan yang sehat dan tepat untuk mereka.

2. Jangan memaksa mereka untuk makan tiga kali sehari secara teratur dengan porsi yang besar. Lebih baik bagi makanan utama menjadi porsi-porsi kecil. Di usia balita, mereka belum bisa makan dengan porsi normal seperti orang dewasa.

3.Bisakan  anak makan di meja makan. Sediakan kursi khusus sehingga kaki mereka tidak harus bergantung-gantung .

4.Minta kakaknya, atau teman yang lebih tua untuk makan bersama dengan mereka. Anak balita ingin meniru anak yang lebih tua dan bila ia melihat teman atau kakaknya makan, ia akan tertarik untuk makan juga.

5.Izinkan mereka mencicipi berbagai rasa makanan. Dengan cara ini, tanpa memaksa, mereka bisa mencoba berbagai jenis makanan sehingga kita tahu makanan apa yang mereka lebih suka. Pastikan makanan-makanan tersebut adalah makanan sehat.

6.Untuk menutup kebutuhan nutrisi si batita di masa-masa susah makan ini, bila perlu berikan suplemen penambah nafsu makan. Bisa juga dengan memberinya satu sampai dua gelas susu sehari, sehingga mereka mendapatkan menu bernutrisi dan seimbang.


(FOTO: NAKITA)

Tags : nafsu makan, kesehatan anak, nutrisi, susu