Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > KESEHATAN & NUTRISI
7 Tip Belanja Sehat untuk Bunda
7 Tip Belanja Sehat untuk Bunda

Begitu banyaknya pilihan barang di pasar dan supermarket terkadang membuat Bunda bingung memilih yang mana yang terbaik untuk keluarga. Terlebih lagi Bunda memiliki anak yang harus dijaga asupan nutrisinya. Jadi harus lebih cermat untuk memilih bahan makanan untuknya.

Agar acara belanja jadi lebih efektif karena tak buang waktu saat kebingungan pilih ini-itu, ikuti panduan belanja sehat berikut.

  1. Berbelanja sesuai daftar
    Sebelum berbelanja, buatlah daftar barang-barang yang harus dibeli. Daftar belanjaan yang direncanakan dengan baik membuat Bunda membeli barang-barang yang lebih sehat dan menghindari yang tidak perlu, misalnya camilan tinggi kalori. Hindari membeli barang di luar daftar kecuali terpaksa.
     
  2. Beli lebih banyak sayur dan buah segar
    Tak pernah rugi membeli sayur dan buah-buahan segar. Apalagi setiap hari semua anggota keluarga wajib mengonsumsi sayur dan buah-buahan, termasuk si Kecil. Pilih yang segar karena nutrisi dan enzim yang terkandung di dalamnya masih dalam kondisi baik.
     
  3. Hindari produk olahan.
    Sebisa mungkin hindari membeli produk yang sudah diolah, karena biasanya kalorinya lebih tinggi. Misalnya jus atau selai, biasanya sudah ditambahi sirup jagung tinggi fruktosa atau pemanis buatan. 
     
  4. Bacalah label di balik kemasan.
    Penting dilakukan, karena Bunda jadi tahu bahan-bahan apa yang terkandung di dalam produk tersebut. Seperti apakah mengandung bahan pengawet, besar kalorinya, dan kandungan gizi lainnya. Penambahan zat tertentu bisa mengubah kandungan nutrisinya, lho.
     
  5. Perhatikan tanggal kedaluwarsa
    Jangan buru-buru kalau belanja, pastikan Bunda mengecek tanggal kedaluwarsa setiap barang yang dibeli. Pastikan tanggal kadaluarsanya masih lama agar tidak membahayakan kesehatan. 
     
  6. Yang organik lebih baik
    Memang harganya lebih mahal, namun lebih sehat, karena produk organik biasanya bebas residu pestisida dan bahan kimia. Namun jika dana tidak mencukupi untuk total membeli produk-produk organik, berkompromilah dengan menggabungkannya dengan produk non-organik namun berkualitas dan segar.
     
  7. Belanja protein bebas lemak tak sehat
    Jika ingin membeli ayam, pilihlah ayam kampung atau ayam yang dikemas tanpa kulit. Ikan segar yang sudah di-fillet juga merupakan pilihan yang sehat dan praktis memasaknya. 

Tags : my baby, perawatan bayi, kulit bayi, sabun bayi, minyak telon, bedak bayi, kebersihan bayi