Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > KESEHATAN & NUTRISI
Ajari Anak Rajin Sikat Gigi dengan Permainan Ini
Ajari Anak Rajin Sikat Gigi dengan Permainan Ini

Gigi yang baru saja tumbuh merupakan pengalaman baru bagi bayi. Meskipun baru beberapa saja yang tumbuh, tetapi orangtua harus mampu mengajari anak untuk menyikat gigi. Terkadang sulit menumbuhkan rasa cintanya untuk menyikat gigi secara teratur. Ayo buat kegiatan menyikat gigi menarik bagi anak:

1. Tawarkan pilihan
Anda pasti sudah akrab dengan kemauan bayi Anda untuk melakukan segala sesuatunya sendiri. Tapi ingatlah, tangan-tangan kecil mereka belum memiliki keterampilan untuk melakukannya dengan baik. Itulah sebabnya dokter gigi merekomendasikan agar orangtua turut ambil bagian dalam hal menyikat gigi anak mereka hingga mereka berusia delapan tahun.

Agar kehebohan di kamar mandi tetap minimal, beri anak beberapa pilihan penting sebelum mulai menyikat gigi. Siapkan sekelompok sikat gigi warna-warni bersamaan dengan variasi rasa pasta gigi (non-floride sampai anak-anak di atas 2 tahun, dan jangan biarkan mereka menelan pasta gigi). Dengan begitu, biarkan mereka memilih menggunakan pasta gigi rasa mint atau rasa bubblegum dengan sikat gigi beruang. Ini akan membuatnya merasa tertarik untuk menyikat gigi.

2. Nyanyikan sebuah lagu
Untuk balita atau anak prasekolah yang tidak bisa diam, melakukan berbagai hal dengan menyanyi adalah trik jitu. Perbolehkan dia menyanyikan beberapa lagu favoritnya saat menyikat gigi, atau buat sendiri jingle  lagu untuk mengiringi sikat gigi.

Misalnya, nyanyikan lirik "brush, brush, brush your teeth"  dengan nada lagu Row Your Boat yang catchy. Untuk membuat permainan menyikat gigi lebih menyenangkan, nyanyikan lagu ini lebih cepat  hingga menyikat gigi selesai.

3. Mengajak seorang teman
Ketika ayah dan bunda gagal untuk membujuk, undang salah satu anggota dari mainan anak Anda untuk menjaga posisi Anda. Teddy dapat duduk di meja dan “berbicara” kepada anak Anda sementara dia menyikat gigi. Penjelasan dari seekor dinosaurus mainan biasanya lebih didengar anak ketimbang datang langsung dari mulut Anda.

4. Menceritakan kisah yang panjang
Anda bisa berlagak sedang mengejar kuman yang bersembunyi di balik gigi-geligi Si Kecil. “Ooh, mereka bersembunyi di gerahammu! Sekarang mereka berada di atas lidahmu!” Tambahkan penjelasan yang detail tentang seperti apa bentuk mereka dan biskuit atau kue yang suka mereka makan.

5. Bermain dokter gigi
Si kecil takut untuk menyikat gigi? Coba mainkan game berpura-pura yang berkaitan dengan perawatan gigi, jadi dia dapat melihat bahwa menyikat gigi itu tidak menakutkan. Buatlah klinik dokter gigi, daftarkan boneka-boneka binatang sebagai pasien yang menunggu untuk pembersihan.

Biarkan si kecil menyikat teman-teman berbulunya, lalu bertukar dan sikat giginya dengan sikat gigi yang kering di mulutnya. Ini akan menunjukkan padanya bahwa menyikat gigi tidak menakutkan seperti yang dia pikirkan.

6. Mendengar raungannya
Akan sulit untuk membuat Si Kecil membuka mulutnya cukup besar agar Anda bisa menyikat gigi belakangnya. Tetapi dia akan senang jika Anda memintanya mengaung seperti singa atau T-Rex.

Atau mainkan permainan lampu merah-lampu hijau: ketika ia membuka mulutnya, Anda membuat suara yang konyol sementara Anda menyikat giginya. Ketika Si Kecil  menutup mulutnya, Anda terdiam. Dia akan sangat menikmati permainan ini sehingga dia akan membiarkan Anda membersihkan giginya.

FOTO: GOSOK GIGI/DOK. SHEKNOWS.COM

Tags : sikat gigi, kebersihan, menyikat gigi, gigi tumbuh, Kesehatan