Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > KESEHATAN & NUTRISI
Apa Saja Manfaat Vitamin Bagi Anak?
Apa Saja Manfaat Vitamin Bagi Anak?

Berikut aneka vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan anak:

1.  Vitamin B
Untuk sistem metabolisme tubuh, seperti pelepasan energi saat beraktivitas. Peranannya sebagai senyawa koenzim dapat meningkatkan laju reaksi metabolisme tubuh terhadap berbagai jenis sumber energi, juga berperan dalam pembentukan sel darah merah (eritrosit).
Sumber: susu, gandum, ikan, sayur-sayuran hijau.

3. Vitamin B1 (Thiamin)
Berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit; membantu mengonversi karbohidrat menjadi energi; membantu proses metabolisme protein dan lemak.
Sumber: gandum, telur, nasi, kacang-kacangan, susu, daging.

4. Vitamin B2 (Riboflavin)
Berperan penting dalam mendukung metabolisme tubuh. Enzim yang dikandungnya berperan penting dalam regenerasi energi bagi tubuh melalui proses respirasi, berperan dalam pembentukan molekul steroid, sel darah merah, glikogen, serta menyokong pertumbuhan berbagai organ tubuh, seperti kulit, rambut, dan kuku.
Sumber: sayur-sayuran, kacang kedelai, kuning telur, dan susu.

5. Vitamin B3 (Niasin)
Berperan penting dalam metabolisme karbohidrat untuk menghasilkan energi, metabolisme lemak dan protein, menjaga kadar gula darah, tekanan darah tinggi, penyembuhan migrain, vertigo, juga dapat menetralisir senyawa racun.
Sumber: ragi, hati, ginjal, daging unggas, ikan, gandum, dan kentang manis.

6. Vitamin B5 (Asam Pantotenat)
Berperan besar dalam berbagai jenis metabolisme, seperti dalam reaksi pemecahan nutrisi makanan, terutama lemak; menjaga komunikasi yang baik antara sistem saraf pusat dan otak; memproduksi senyawa asam lemak, neurotransmiter, dan hormon tubuh.
Sumber: daging, susu, ginjal, hati, sayuran hijau, dan kacang hijau.

7. Vitamin B6 (Piridoksin)
Berperan sebagai salah satu senyawa koenzim A untuk menghasilkan energi melalui jalur sintesis asam lemak, seperti spingolipid dan fosfolipid; berperan dalam metabolisme nutrisi; mendukung produksi antibodi.
Sumber: beras, jagung, kacang-kacangan, daging, dan ikan.

8. Vitamin B12 (Sianokobalamin)
Berperan dalam metabolisme energi di dalam tubuh, memelihara kesehatan sel saraf, pembentukkan molekul DNA dan RNA, pembentukan platelet darah.
Sumber: banyak terkandung di dalam makanan hewani seperti telur, hati, dan daging.

9. Vitamin C (Asam Askorbat)
Berperan sebagai senyawa pembentuk kolagen yaitu satu jenis protein penting penyusun jaringan kulit, sendi, tulang, dan jaringan penyokong lainnya. Juga bisa berfungsi sebagai antioksidan alami yang mampu menangkal radikal bebas, mencegah penyakit kanker, memelihara kesehatan jaringan, mempercepat penutupan luka, dan memberi perlindungan  dari infeksi.
Sumber: banyak terkandung di dalam buah, seperti jeruk, mangga, jambu biji, juga di dalam sayur-sayuran seperti tomat dan brokoli.
 
Pastikan makanan si kecil mengandung cukup vitamin agar ia selalu sehat.

(FOTO: NAKITA)

Tags : kesehatan, multivitamin, nutrisi, nafsu makan