Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > KESEHATAN & NUTRISI
Manfaat Membuat Sendiri Makanan Bayi
Manfaat Membuat Sendiri Makanan Bayi

Setelah usia enam bulan, bayi akan membutuhkan makanan padat sebagai pendamping ASI. Mengenalkan makanan padat pada bayi haruslah dilakukan secara bertahap, satu per satu, menunggu setidaknya tiga hari untuk setiap menu. Cara ini, selain mengenalkan rasa makanan pada anak, juga untuk mengetahui reaksi alergi yang mungkin terjadi (tanda-tanda alergi dapat berupa diare, muntah, wajah bengkak, mengi, atau ruam).

Untuk membantu anak mengembangkan kebiasaan makan yang sehat,  cobalah untuk membuat makanan bayi sendiri. Membeli bubur bayi instan memang lebih praktis, namun pengeluaran Anda pasti lebih banyak jika membeli. Akan lebih ekonomis jika Anda menyiapkan makanan bayi sendiri, dan pastinya akan lebih enak karena mengandung “bumbu cinta” dari Anda untuk si buah hati.

Membuat makanan bayi sendiri sebenarnya lebih mudah daripada yang Anda pikirkan. Dengan membuatnya sendiri, Anda tentu jadi tahu apa saja yang Anda gunakan pada makanan. Anda akan lebih percaya diri karena telah menyiapkan makanan terbaik dengan bahan-bahan segar yang Anda pilih sendiri.

Manfaat penting lain saat membuat makanan bayi sendiri adalah, Anda bisa memberikan makanan dengan variasi yang jauh lebih banyak daripada varian bubur instan di toko. Coba bayangkan, Anda tak akan menemukan bubur bayi instan dari labu siam, labu kuning, ubi merah, kembang kol, singkong, jagung, jamur, melon, alpukat, mangga, serta berbagai buah dan sayuran yang mudah didapat lainnya.

Makanan sehat untuk bayi bukan berarti harus hambar. Walaupun pemberian garam sebaiknya dihindari, namun agar citarasanya semakin kuat, Anda bisa menambahkan telur, ayam, ikan-ikanan, atau daging sapi. Daging yang telah matang sempurna juga bisa diberikan, dengan lebih dulu menghilangkan lemak, kulit, dan urat-uratnya (untuk bayi enam bulan). Untuk tahap awal pengenalan MPASI, ibu dapat mencampurkan ASI atau susu yang biasa dikonsumsinya, agar ia tidak terkejut dengan perubahan rasa.

Dengan variasi makanan tersebut, anak jadi semakin belajar mengeksplorasi rasa. Hal ini membantu mencegahnya untuk terlalu pilah-pilih makanan di usia yang lebih besar. Yang pasti makanan bayi buatan sendiri juga bebas bahan pengawet dan penambah rasa (MSG).

Photo : MOMJUNCTION.COM

Tags : nutrisi, nafsu makan, susu, ASI, multivitamin