Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > KESEHATAN & NUTRISI
Amandel yang Bandel
Amandel yang Bandel

Amandel adalah gumpalan jaringan yang terletak di di kedua sisi pangkal tenggorokan. Amandel ini, berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dari infeksi yang mungkin masuk melalui mulut. Ketika amandel terinfeksi, mereka membesar berwarna merah dan memiliki lapisan kuning atau putih. Kondisi amandel membengkak, disebut juga Tonsillitis.

Tonsillitis dapat disebabkan oleh virus maupun bakteri. Kalau anak Anda terkena Tonsillitis yang disebabkan oleh virus, tubuh otomatis akan melawan infeksi itu sendiri. Tetapi jika Tonsillitis yang disebabkan oleh bakteri, dokter akan segera memberikan antibiotik. Bila anak sudah sering mengalami Tonsillitis (terjadi lebih dari 6 kali dalam periode 12 bulan) atau infeksi berulang selama beberapa tahun, dokter mungkin akan merekomendasikan untuk menghilangkan amandel lewat operasi amandel.

Bagaimana cara menjaga kesehatan amandel?

  1. Sering mencuci tangan menggunakan sabun tangan, dan air yang mengalir untuk mengurangi kemungkinan kuman memasuki tubuh kita.
  2. Biasakan tidak berbagi penggunaan peralatan makan dengan orang lain.
  3. Hindari orang-orang yang menderita Tonsilitis untuk mengurangi resiko penularan.
  4. Konsultasikan dengan dokter Anda jika anak Anda mengalami sakit atau bengkak di tenggorokan. Semakin cepat infeks ditangani, semakin baik!
  5. Ganti sikat gigi setiap terkena infeksi
  6. Minum air yang cukup, dan menghindari makanan atau minuman yang dapat merangsang iritasi, seperti makanan yang terlalu panas, terlalu dingin atau pedas.

Untuk anak yang sudah telanjur diangkat amandelnya, maka kekebalan tubuhnya akan menurun. Untuk meningkatkan kesehatannya, cobalah untuk menerapkan pola hidup sehat pada keluarga Anda.

Tags : my baby, perawatan bayi, kulit bayi, sabun bayi, minyak telon, bedak bayi, kebersihan bayi