Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > KESEHATAN & NUTRISI
Beras, Banyak Macamnya, Beragam Nutrisinya
Beras, Banyak Macamnya, Beragam Nutrisinya

Beras adalah makanan pokok masyarakat Indonesia. Sejak anak diperkenalkan oleh Makanan Pendamping ASI (MPASI), anak juga sudah mulai diperkenalkan dengan beras. Apa saja jenis beras dan apa saja manfaat beras terutama bagi kesehatan si Kecil?

  • Beras Putih
    Beras jenis ini paling mudah dicerna oleh anak-anak, dan paling banyak diolah menjadi berbagai jenis makanan. Beras putih bermanfaat untuk mengurangi gangguan pencernaan, seperti diare, radang usus besar dan juga morning sickness bagi ibu hamil.
     
  • Beras Merah
    Beras merah cukup khas, terutama teksturnya yang lebih keras dari beras putih. Untuk memperkenalkan beras merah kepada anak, bisa dengan cara mencampurnya dengan beras putih atau menghancurkan beras merah terlebih dahulu, baru memasaknya.
    Beras merah bermanfaat untuk menjaga jumlah zat besi dalam tubuh yang membantu mengatur gula darah dan insulin. Kandungan vitamin B6 di dalamnya juga penting untuk menyeimbangkan pembentukan serotonin dan sel darah merah yang penting dalamproduksi sel DNA.
     
  • Beras Cokelat
    Bentuk dan warnanya hampir  sama dengan beras merah sehingga orang sering tertukar saat memilihnya. Kandungan minyak sehat dalam beras cokelat mampu membantu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh.
     
  • Beras Hitam
    Manfaat beras hitam bagi kesehatan adalah kandungan zat anti inflamasi dan antioksidannya yang tinggi jika dibandingkan dengan jenis beras lain. Beras ini juga bermanfaat untuk mengendalikan penyakit Alzheimer dan diabetes. Dari berbagai  penelitian juga ditemukan banyak manfaat beras hitam untuk bayi. Bubur beras hitam membuat bayi cepat merasa kenyang, membentuk badan bayi lebih padat, dan sangat bermanfaat untuk perkembangan otak bagi bayi.
     

Variasikan sajian berbahan beras untuk si Kecil sehingga ia mendapatkan manfaat sehatnya yang begitu kaya.

Tags : my baby, perawatan bayi, kulit bayi, sabun bayi, minyak telon, bedak bayi, kebersihan bayi