Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > KESEHATAN & NUTRISI
Chia Seeds, Si Mungil yang Kaya Nutrisi
Chia Seeds, Si Mungil yang Kaya Nutrisi

Biji-bijian yang satu ini mungkin masih terdengar asing untuk sebagian orang. chia seeds atau Salvia hispanica L., merupakan biji-bijian dari tanaman yang biasa digunakan untuk obat tradisional untuk menyembuhkan infeksi dan penyakit saluran pernapasan. Chia seeds adalah makanan pokok dan bahan penghasil minyak, yang berasal dari Meksiko.

Ternyata setelah diteliti secara ilmiah, ada begitu banyak kandungan nutrisi dari chia seeds antara lain:

  • Omega-3
    Chia seeds mengandung asam lemak tak jenuh ganda yang bermanfaat menurunkan tingkat penyakit jantung, peradangan, kanker, dan gangguan sistem saraf.
  • Antioksidan
    Chia seeds dan minyak yang dihasilkan, mengandung antioksidan tinggi yang penting untuk melawan racun yang dapat menyebabkan penyakit kanker, penyakit jantung, dan penuaan dini.
  • Serat
    Chia seeds juga mempunyai kandungan serat yang tinggi. Ada dua jenis serat, serat larut dan tidak larut. Keduanya memiliki manfaat kesehatan mereka sendiri. Serat larut membantu mengikat kotoran di dalam usus, serta membantu mengurangi kolesterol.
  • Vitamin dan Mineral
    Chia seeds juga mengandung kalsium, fosfor dan mangan.

Di negeri asalnya, biji-bijian ini biasanya diolah menjadi bubur atau sebagai campuran jus buah. Teksturnya yang mudah mengental membuat chia seeds terkadang dimanfaatkan sebagai pengganti telur di dalam kue atau puding.

Bunda ingin mencoba? Tambahkan satu sendok makan chia seeds ke dalam sereal, susu, jus, oat, atau yogurt untuk sarapan. Bisa juga Anda tambahkan satu sendok makan chia seeds ke dalam adonan pancake atau muffin sebagai tambahan nutrisi di dalam asupan harian keluarga.

Tags : Chia Seeds, serat, nutrisi anak, kebutuhan serat, manfaat chia, biji chia, pencernaan anak