Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > KESEHATAN & NUTRISI
Gizi yang Bisa Bikin Anak Cerdas
Gizi yang Bisa Bikin Anak Cerdas

Gizi dan makanan sebat merupakan salah satu pendukung kecerdasan anak. Nah, apa saja zat gizi yang bisa bikin anak cerdas? Yuk, simak penjelasan berikut.

Ada tiga faktor pendukung kecerdasan, yaitu genetika, lingkungan, serta gizi dan makanan. Anda tidak bisa mengatakan mana yang paling berperan, karena ketiganya saling berkaitan. Yang pasti, faktor genetika memberikan kontribusi sebesar 30 persen, selebihnya faktor lingkungan serta gizi dan makanan.

Proses perkembangan otak atau fase cepat tumbuh otak terjadi ketika janin berusia 30 minggu sampai bayi lahir usia 18 bulan. Di usia ini, janin atau anak jangan sampai kekurangan gizi. Kalau tidak, mereka akan mengalami kondisi irreversible (tidak bisa pulih) karena jumlah otak ketika lahir sudah 66 persen, sedangkan berat atau volumenya baru 27 persen.

Ini menunjukkan, gizi dan makanan berperan penting dalam pencapaian 100 persen otak sesudah lahir.

Nah, berikut ini sejumlah zat gizi yang berperan penting dalam proses pencerdasan anak.

Energi dan Protein
Dalam sebuah penelitian dikatakan, ibu hamil yang KEP (Kurang Energi dan Protein) berdampak pada BB bayi yang dilahirkan dan berat otaknya. Begitu pula bila anak mengalami KEP sebelum usia 18 bulan, gangguan berat pada otak bisa mencapai 25 persen. Tentunya kondisi ini cukup parah, apalagi jika sifatnya tak bisa pulih.

Sumber energi dan protein ialah karbohidrat (nasi, jagung, dan terigu), lemak pada asam lemak esensial (omega-3 dan 6) dan kolesterol, serta protein (nabati dan hewani).

Yodium
Bagi masyarakat di derah non endemik gondok, yodium mudah diperoleh dari ikan-ikan laut, selain produk-produk ayam atau daging dimana hewan-hewannya tinggal di wilayah yang baik.

Zat Besi
Zat gizi ini sangat berpengaruh terhadap kemampuan intelektualitas anak. Fungsinya untuk membuat hemoglobin darah yang mengikat oksigen buat otak. Jadi, bila otak kekurangan oksigen, anak bisa mengalami gangguan konsentrasi. Kondisi itu bisa semakin parah bila anak kekurangan zat besi.

Zat besi yang baik bersumber di hati, daging, telur, dan sayuran berwarna hijau tua (singkong, bayam, kangkung, dan brokoli). Khusus brokoli, sayur ini juga mengandung zat anti kanker dan mudah dicerna karena seratnya tak begitu kentara.

Vitamin dan Mineral
Vitamin dan mineral merupakan pelengkap yang juga berfungsi melancarkan proses metabolisme. Sumber utama vitamin dan mineral berasal dari sayuran dan buah-buahan.

Jadi, jika Anda ingin memiliki anak yang cerdas, penuhilah selalu kebutuhan nutrisi mereka dengan jenis makanan di atas.
Cod Liver Oil
Disebut juga minyak hati ikan kod, yaitu minyak yang mengandung Omega 3 (DHA dan EPA), vitamin A dan D, yang berguna untuk membantu mengoptimalkan kecerdasan, meningkatkan daya tahan dan pertumbuhan.

FOTO: GIZI ANAK CERDAS.JPG – YOURHEALTHWORLD.ORG

Tags : Gizi anak, Nutrisi, kecerdasan