Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > KESEHATAN & NUTRISI
Kebaikan Nutrisi Ikan Kod
Kebaikan Nutrisi Ikan Kod

Sejak zaman dulu, ikan Kod sudah sering dikonsumsi. Di Inggris, ikan yang jumlahnya melimpah di lautan ini biasa dijadikan bahan dasar pembuatan fish and chips, sajian khas yang selalu banyak peminatnya. Daging ikan kod yang berwarna putih juga disukai karena teksturnya yang padat dengan rasa yang enak di lidah.

Sebagai bahan pangan yang unggul, ikan Kod dikenal kaya nutrisi dan manfaat, di antaranya:

  • Minyak hati ikan Kod juga biasa diekstrak untuk dijadikan vitamin. Selain mengandung lemak tak jenuh Omega-3 (yang terdiri dari Eicosapentaenoic Acid (EPA) dan Docosahexaenoic Acid (DHA)) yang berguna untuk menunjang pertumbuhan sel-sel otak si kecil, ekstrak ini juga kaya akan vitamin A serta vitamin D.
  • Vitamin A mampu menjaga agar penglihatan anak tetap tajam, sementara vitamin D bisa memicu nafsu makan agar lebih besar. Hal ini penting karena terkadang anak-anak mengalami masa jenuh atau malas, sehingga nafsu makannya berkurang.
  • Unsur EPA pada minyak hati ikan Kod juga berperan terhadap kesehatan jantung dan pembuluh darah. Sebuah penelitian di Italia menyebutkan, risiko mati mendadak akibat penyakit jantung bisa ditekan hingga separuhnya jika seseorang mengonsumsi suplemen minyak hati ikan Kod setiap hari.

Tags : gizi anak, makanan anak, nutrisi anak, manfaat ikan kod, kesehatan anak