Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > KESEHATAN & NUTRISI
Tidur berkualitas bikin sehat dan cerdas
Tidur berkualitas bikin sehat dan cerdas

Tidur berkualitas ditandai dengan tidur lelap pada malam hari.

Secara umum ada 2 fase dalam tidur, yaitu rapid eyes movement (REM) dan non-rapid eyes movement (non-REM). Tidur siang ditengarai sebagai tidur aktif atau tidur REM, sedangkan tidur malam berada pada fase non-REM yang tinggi atau tidur tenang. Saat tidur lelap anak tidak mudah terusik meski ada gangguan di sekelilingnya. Jadi, kalau anak sampai terbangun beberapa kali saat tidur malam, berarti tidurnya kurang berkualitas alias tidak lelap!

MANFAAT TIDUR LELAP
Ada 3 manfaat yang dapat diperoleh anak saat tidur lelap, yaitu:
1. Terjadi peningkatan produksi hormon pertumbuhan yang akan memengaruhi pertumbuhan tinggi badan.
2. Otak berkembang melalui stimulasi endogenous (dari dalam tubuh) dan konsolidasi memori. Proses ini melengkapi peran stimulasi dari luar (stimulasi exogenous) yang diperoleh ketika anak terjaga. Karenanya, kualitas tidur yang lelap dan waktu tidur yang cukup sangat penting bagi perkembangan otak anak.
3. Sel-sel yang rusak akan tergantikan oleh yang baru dengan meregenerasi dan membentuk sel baru. Keseimbangan antara sel-sel mati dan sel-sel tumbuh perlu dijaga. Tanpa regenerasi sel dan jaringan, fungsi organ akan turun. Itulah mengapa, kurang tidur menyebabkan daya tahan tubuh menurun sehingga anak pun mudah sakit.

Tags : Tidur, Daya Tahan, Stimulasi Otak, Tumbuh Kembang Anak