Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > KESEHATAN & NUTRISI
Vitamin Pendukung Kesehatan Si Kecil Selama Liburan
Vitamin Pendukung Kesehatan Si Kecil Selama Liburan

Agar tetap sehat dan bugar selama liburan, si Kecil membutuhkan asupan vitamin sebagai pendukung kesehatan yang mampu mengoptimalkan daya tahan tubuhnya.

Vitamin A
Selain penting bagi kesehatan mata, vitamin A juga berperan dalam kesehatan kulit, membantu sistem imun tubuh bekerja melawan infeksi dengan baik, mendukung perkembangan dan pertumbuhan anak secara normal, serta memperbaiki tulang dan jaringan. Vitamin A bisa diperoleh dari dua sumber, yaitu sumber hewani dalam bentuk retinoid (hati, ginjal, telur, produk olahan susu) dan sumber nabati dalam bentuk karotenoid (bayam, wortel, ubi, paprika merah, mangga, papaya, aprikot).

Vitamin B-kompleks
Vitamin B terdiri dari beberapa komponen, seperti thiamin (B1), riboflavin (B2), niasin (B3), asam pantotenat (B5), B6, biotin (B7), asam folat (B9), dan B12. Keluarga vitamin B ini akan membantu produksi energi, metabolisme, serta peredaran darah dan saraf yang sehat. Sumber vitamin B dapat diperoleh dengan mengonsumsi daging sapi, ayam, ikan, kacang-kacangan, telur, susu, keju, biji-bijian atau kacang-kacangan, serta sayuran hijau.

Vitamin C
Vitamin C (asam askorbat) memiliki beberapa fungsi seperti membantu melindungi dan menjaga sel-sel tubuh. Fungsinya dapat membantu pertumbuhan otot yang sehat, jaringan ikat dan kesehatan kulit serta meningkatkan daya tahan tubuh anak. Sumber vitamin C alami ditemukan pada jeruk, paprika merah dan hijau, stroberi, brokoli, kentang, kiwi, dan tomat.

Vitamin D
Vitamin D dapat meningkatkan pertumbuhan tulang dan gigi, serta membantu penyerapan kalsium oleh tubuh. Sinar matahari juga termasuk sumber vitamin D alami yang sangat bagus. Selain itu, Vitamin D juga terdapat dalam minyak ikan, tuna, salmon, sarden, makarel, jamur, kuning telur, susu, produk olahan susu, dan hati.

Vitamin E
Selain baik untuk kulit dan rambut, vitamin ini dikenal juga sebagai antioksidan yang dapat menghambat kinerja radikal bebas. Agar aliran darah anak-anak tetap lancar dan bersih, vitamin E ini juga penting untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh serta meningkatkan fungsi otak. Almond, sayuran berdaun hijau, minyak bunga matahari, serta hazelnut merupakan makanan yang bervitamin E tinggi.

Vitamin K
Vitamin K berperan sangat penting dalam menghentikan pendarahan, terutama saat si Kecil cedera atau terluka. Selain itu, Vitamin K juga penting peranannya untuk membantu penyerapan kalsium dari makanan, sehingga membantu pembentukan dan menjaga kesehatan tulang. Selain susu dan yogurt, sayuran berdaun hijau tua seperti brokoli, kangkung, dan kubis merupakan sumber vitamin K yang baik.

Tags : my baby, perawatan bayi, kulit bayi, sabun bayi, minyak telon, bedak bayi, kebersihan bayi