Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > KESEHATAN & NUTRISI
Waspada Gangguan Kulit Pada Anak
Waspada Gangguan Kulit Pada Anak

Penyakit kulit sering sekali menyerang manusia, terutama anak-anak. Adapun beberapa gangguan kulit yang sering menyerang anak-anak adalah:

  • Biang Keringat
    Biang keringat terjadi jika anak mengeluarkan banyak keringat tetapi keringat tidak dapat keluar dengan maksimal karena pori-pori kulit tersumbat oleh kulit mati. Biang keringat sering terjadi pada saat udara panas disertai kelembaban yang tinggi. Tanda-tanda biang keringat adalah, munculnya bitnik-bintik kecil berwarna merah dan terasa gatal. Biasanya timbul menyebar di daerah punggung, perut, leher, dan ketiak. Biang keringat biasanya dapat hilang dengan sendirinya setelah beberapa hari.
  • Impetigo
    Sering terjadi pada anak-anak. Gatal dan muncul bitnik-bintik merah kecil, melepuh dan berisi nanah. Lama kelamaan akan membentuk koreng. Biasanya terjadi pada anak yang kurang menjaga kebersihan. Cara mengobatinya adalah dengan memberikan salep atau krim dari dokter.
  • Roseola
    Terjadi pada anak berumur 6 bulan sampai 2 tahun. Diawali dengan panas tinggi dalam beberapa hari kemudian muncul bercak-bercak merah yang akan berwarna putih saat ditekan. Bercak merah biasanya berada di sekitar leher, wajah, dada, tangan dan kaki. Saat mengalami hal ini, napsu makannya berkurang dan anak lemas dan lesu. Konsultasikan dengan dokter terdekat bila anak Anda mengalami hal ini.
  • Cacar Air
    Cacar air biasanya diawali dengan demam (38,3oC-38,8oC) selama beberapa hari, sakit kepala dan sakit tenggorokan. Kemudian muncul bintik merah yang berisi cairan di punggung, wajah dan menyebar ke seluruh tubuh. Penyakit ini disebabkan oleh virus dan menular. Anak yang terkena cacar air harus istirahat dan tinggal di dalam rumah sampai bintik-bintik di badannya hilang dan sembuh.

Tags : kulit anak, biang keringat pada anak