Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > PERAWATAN BAYI
4 Masalah Rambut Bayi
4 Masalah Rambut Bayi

Melihat bayi memakai penghias rambut sungguh lucu dan menggemaskan. Apalagi bila bayi juga memiliki rambut yang sehat dan wangi. Tetapi tidak semua bayi memiliki kondisi rambut yang diinginkan oleh Bunda, misalnya bayi dengan rambut hitam, lebat dan sehat. Jenis rambut dan keindahan rambut bayi ini banyak dipengaruhi oleh faktor genetik dan juga asupan gizi (sayuran dan buah-buahan) selama hamil. Beberapa masalah pada rambut bayi yang mungkin membuat Bunda khawatir, antara lain:

Rambut Tipis
Kondisi rambut bayi yang tipis sering kali terjadi dan membuat Bunda melakukan bermacam cara untuk melebatkan rambutnya, termasuk menggunduli rambut si bayi. Sebenarnya, selama si Kecil sehat, tidak ada masalah, kok. Menggunduli rambut adalah sebuah tradisi. Yang harus diperhatikan adalah asupan gizinya, sebab asupan gizi dapat mempengaruhi kondisi rambut bayi.

Rambut Rontok
Rambut bayi adalah rambut velus, yang artinya rambut sementara akan habis ketika usianya mencapai 1-3 bulan. Jadi, Bunda tak perlu khawatir dengan kerontokan rambut pada bayi karena sebenarnya rambut bawaan lahirnya tidak akan terbawa seumur hidup. Rambutnya akan rontok dan digantikan dengan rambut yang baru.

Rambut Tidak Tumbuh
Rambut bayi yang tidak tumbuh tentu membuat Bunda khawatir. Hal ini bukanlah masalah serius selama kulit kepala si Kecil tetap sehat dan tidak ada infeksi atau penyakit. Biasanya rambut bayi akan tumbuh maksimal pada usia 2 tahun. 

Kerak Pada Kulit Bayi
Penyebab kerak pada kulit bayi adalah pengaruh hormon androgen selama dalam kandungan dan terbawa pada saat bayi lahir. Gejalanya, terlihat seperti ketombe atau kulit yang mengelupas berwarna kuning kecokelatan. Bunda tak perlu khawatir, karena tidak akan membuat bayi gatal dan akan hilang dengan sendirinya.

Asupan gizi yang baik akan membuat pertumbuhan rambut si Kecil berjalan baik pula. Namun, bukan hanya gizinya yang harus diperhatikan, kebersihan rambut dan kulit kepala bayi juga penting untuk dijaga. Bunda bisa menggunakan shampo khusus bayi, seperti My Baby Hair & Body Wash yang diperkaya lidah buaya dan alpukat untuk menjaga kelembaban kulit dan membantu pertumbuhan rambut bayi.

Produk Terkait:
My Baby Hair And Body Wash

Tags : pertumbuhan rambut bayi, perawatan bayi