Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > PERAWATAN BAYI
Membersihkan Alat Kelamin
Membersihkan Alat Kelamin

Sebagai organ reproduksi, alat kelamin perlu dijaga kebersihannya. Enggak susah, kok. Infeksi dan gangguan kulit di sekitar bokong pun dapat dicegah.

Berikut cara membersihkan alat kelamin bayi:

MEMBERSIHKAN ALAT KELAMIN SI BUYUNG
1.Angkat kotoran yang terdapat di sekitar alat kelamin si Buyung dengan menggunakan tisu basah atau kapas bulat yang telah dibasahi air hangat.
2.Bersihkan lagi bagian yang kotor dengan menggunakan kapas bulat yang telah dibasahi air hangat.  Aliri air pada kelaminnya dengan memeras kapas basah yang bersih, caranya dengan ditepuk-tepukan lembut.
3.Bersihkan daerah sekitar lipatan skrotum/buah zakar ke arah belakang/anus. Lakukan beberapa kali sampai terlihat benar-benar bersih.
4.Bersihkan area bokong dengan cara memegangi kedua kakinya, angkat dan bersihkan dari arah depan ke belakang.

MEMBERSIHKAN ALAT KELAMIN SI UPIK
1.Bersihkan semua kotoran dengan tisu/kapas lebih dulu.
2.Setelah itu bersihkan daerah bokong dengan menggunakan kapas basah dari arah depan ke belakang (dari vagina ke anus). Ini untuk menghindari masuknya kotoran/kuman ke vagina bayi dari anus.
3.Bersihkan kelamin dengan menggunakan kapas bulat yang telah dicelup air hangat. Bersihkan juga daerah sekitar kelamin/lipatan paha dengan cara merenggangkan kaki bayi sedikit ke arah samping. Bersihkan kedua sisinya.
4.Terkadang pada bayi baru lahir terlihat cairan seperti keputihan yang keluar dari vagina, orangtua tidak perlu khawatir karena itu adalah kelebihan hormon ibu dalam tubuh. Segera ke dokter bila cairan  terlihat berlebihan atau berwarna kuning kehijauan.

PERHATIKAN
1. Ingatlah selalu untuk mencuci tangan ibu hingga bersih sebelum membersihkan alat kelamin bayi. Begitu pun sesudahnya, kembalilah cuci tangan ibu hingga bersih.
2. Gunakan satu kapas hanya untuk sekali membersihkan. Jangan digunakan berulang-ulang karena membuat kotorannya jadi ke mana-mana.

FOTO : Nakita

Tags : perawatan bayi, cara membersihkan bayi, area sensitif bayi