Perawatan Bayi

Agar bayi dapat tidur lelap

Hal menyenangkan bila bisa menyaksikan wajah polos si kecil terlelap pulas dalam buaian. Salah satu hal penting yang dapat dilakukan adalah membentuk pola tidur si kecil agar bayi tidur nyenyak  secara bertahap, sehingga saat usianya menginjak dua bulan atau lebih, ia sudah memiliki pola tidur lebih teratur. Bila pola tidur bayi sudah teratur, ia tidak akan mudah terbangun serta dapat tidur lebih lama dan lebih nyenyak. Tidurnya pun lebih berkualitas. Berikut cara  agar bayi dapat tidur nyenyak.

1.  Atur jadwal menyusui
Siasati dengan jadwal menyusui yang tepat. Pilihlah waktu menyusui sebelum bayi tertidur dan saat bangun tidur, sehingga saat tertidur bayi dapat terlelap dengan pulas tanpa sering terbangun karena lapar. Selain itu, orangtua sebaiknya tidak mudah membangunkan bayi yang sedang tertidur pulas sekadar untuk menyusui. Ingat, bayi akan terbangun dari tidurnya ketika ia lapar, hendak buang air kecil (BAK) atau buang air besar (BAB). Untuk itu, biarkan bayi ketika bayi sedang tertidur pulas. Sikap disiplin orangtua akan membantu bayi menemukan pola tidurnya.

2. Kenali tanda mengantuk
Mengantuk merupakan pertanda tubuh bayi mulai lelah. Biasanya ditandai dengan menggosok-gosokkan mata, mengisap-isap jari, menguap atau malah menangis (rewel). Bila tanda-tanda ini muncul, segera tidurkan bayi.

3. Atur penerangan
Pada malam hari, redupkan lampu kamar agar bayi belajar membedakan antara waktu siang dan malam. Kondisi itu akan membantu bayi untuk membentuk pola tidurnya. Dengan pencahayaan yang redup, maka bayi akan mudah terlelap. Selain itu, produksi hormon melatonin juga akan meningkat. Selain bermanfaat untuk kekebalan tubuh, hormon ini juga membantu bayi untuk tidur.

4. Atur suhu ruangan
Sebelum tidur, pastikan suhu udara pas, sehingga bayi nyaman untuk tidur. Setel suhu dengan tepat di kamar, tidak kelewat panas tapi juga tidak terlalu dingin. Bila Ibu menggunakan pendingin ruangan, setel suhu kurang lebih 26°C.

5. Ciptakan ritual tidur
Ciptakan ritual tidur yang menyenangkan untuk bayi, seperti membacakan buku cerita atau mengelus-elus kepalanya. Pijatan lembut pada tubuh bayi yang dilakukan sebelum tidur, mampu membuat bayi merasa nyaman dan membantu tidurnya lebih lelap.

6. Mandikan dengan air hangat
Bersihkan badan bayi sebelum tidur. Seka dengan air hangat agar tubuh bayi tidak lengket. Setelah mandi, biasanya bayi akan mudah tertidur dengan pulas. Sebab, rasa hangat akan memperlancar sirkulasi dan aliran darah. Pun saat bersamaan, terjadi pelemasan sendi, jaringan dan otot, sehingga peredaran darah dapat bekerja secara baik. Bayi pun menjadi tenang dan nyaman.

7. Kenakan pakaian nyaman
Kenakan pakaian yang nyaman, seperti yang berbahan kaus atau katun yang mudah menyerap keringat. Pastikan ukurannya pas, tidak kelewat besar atau kecil. Hindari pakaian berbahan sintetis karena tidak menyerap keringat.

 

Kategori:
Perawatan Bayi

SHARE