Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > PERAWATAN BAYI
Anak Laki-laki Lebih Dekat Dengan Ibu, Ini Penjelasannya
Anak Laki-laki Lebih Dekat Dengan Ibu, Ini Penjelasannya

Gagasan tentang ibu yang lebih dekat dengan putra daripada putri mereka pernah diulas dalam  www.dailymail.co.uk. Website berita dari Inggris ini mengutip penelitian yang dilakukan oleh situs parenting Netmum. Sebanyak  88%  ibu dalam penelitian ini,  mengaku memperlakukan anak laki-laki dan perempuan mereka secara berbeda.  

Sejumlah  55% ibu juga menyetujui bahwa  mereka merasa lebih mudah terikat dengan putra mereka dan 7% mengiyakan kalau anak-anak laki mereka diberi lebih banyak perawatan daripada anak perempuan mereka. Dalam  survei yang melibatkan 2.000 wanita dengan  dua anak, putra dan putri, ini juga  menemukan bahwa ibu dua kali lebih mungkin bersikap kritis terhadap anak perempuan daripada anak laki-laki mereka.

Mengenai alasan ibu yang lebih dekat dengan putra ketimbang putrinya dijelaskan dalam situs Live Science. Anak laki-laki, tulis Live Science,  diam-diam menikmati bila dicereweti oleh ibunya lantaran merasa dipedulikan. Berbeda dengan anak perempuan yang justru tidak suka.

Crissy Duff, seorang konselor dan penasihat di Netmums, menjelaskan bahwa sikap ibu yang ditemukan oleh survei di atas dapat memiliki efek jangka panjang pada para putri mereka. Mereka dapat tumbuh menjadi  perempuan yang cenderung lebih kritis terhadap diri sendiri ketimbang para pria, yang cenderung tumbuh dengan sikap bahagia. “Para wanita tampaknya membawa perasaan negatif  orangtua  ke masa dewasa mereka. Mereka dapat memandang diri mereka sebagai orang yang layak mendapat kecaman," jelas Duff.

Pesan utama penelitian tersebut tentu bukan  ibu tidak boleh dekat dengan anak laki-lakinya, melainkan  ibu perlu memperlakukan semua anak, baik laki-laki maupun perempuan, dengan cara yang  adil.

Tags : anak laki-laki lebih dekat dengan ibu, alasan ibu lebih dekat dengan anak laki-laki dari pada anak perempuan