Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > PERAWATAN BAYI
Inilah Alasan Bayi Harus Jauh Dari TV
Inilah Alasan Bayi Harus Jauh Dari TV

Hadirnya beragam acara televisi yang dikhususkan untuk bayi, membuat para orangtua merasa terbantu. Pertama, mereka berpikir acara televisi bisa membantu perkembangan otak si kecil. Kedua, acara televisi dianggap mampu ‘menenangkan’ anak ketika para orangtua sedang sibuk.

Lalu, apakah benar kehadiran televisi memberikan dampak yang positif untuk bayi? 

Menurut Dimitri Christakis penulis buku The Elephant in the Living Room: Make Television Work for Your Kids, acara edukasi bisa memberikan manfaat bagi anak yang berusia lebih besar, tapi belum ada studi yang menunjukkan adanya manfaat menonton televisi dan video bagi bayi.  Bahkan, malah bisa membahayakan.

Berikut beberapa alasan bayi harus jauh dari TV:

Alasan #1 Bayi akan memiliki kesulitan untuk fokus pada suara-suara sekitar mereka ketika ada suara kebisingan televisi menjadi latar belakang. Kondisi ini dapat berdampak negatif pada daya konsentrasi dan fokus si kecil saat di sekolah kelak.

Membiasakan anak menonton televisi sejak bayi akan membuat mereka menjadi visual learner (belajar secara visual). Dan ini akan mempersulit mereka saat belajar di sekolah nantinya, dimana mereka harus bisa menjadi listening learner (belajar dari mendengar). 

Alasan #2 Bayi yang sering menonton televisi cenderung memiliki daya fokus yang pendek, sulit berkonsentrasi, dan impulsif saat menginjak usia tujuh tahun. Otak bayi yang masih berkembang akan beradaptasi dengan tempo cepat televisi dan menjadi overstimulasi. 

Alasan #3 Studi di University of Pennsylvania tahun 2005 menemukan anak yang menonton Sesame Street sebelum usia tiga tahun akan alami penundaan kemampuan dalam mengembangkan kemampuan berbicara mereka. Alasannya mungkin pada usia tersebut anak seharusnya bersifat aktif, bukan belajar secara pasif. 

Alasan #4 ‘Paparan’ televisi dalam jangka panjang akan melemahkan kemampuan bayi untuk berkomunikasi via membaca dan menulis. Kondisi ini juga akan memicu masalah konsentrasi dan kemampuan belajar kelak. 

FOTO: NAKITA

Produk Terkait:
My Baby Minyak Telon Plus, My Baby Skin Protective Lotion

Tags : anak dan televisi, tumbuh kembang anak, kecerdasan anak