Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > PERAWATAN BAYI
Kapan Bayi Sakit Perlu Dibawa ke Dokter
Kapan Bayi Sakit Perlu Dibawa ke Dokter

Tidak seperti orang dewasa, bayi belum bisa mengutarakan apa yang mereka rasakan secara verbal. Oleh karena itu, sebagai orangtua Anda harus lebih peka melihat adanya perubahan pada si kecil. Salah satunya saat mendeteksi mereka sakit.

Berikut panduan mengenali tanda-tanda bayi (di bawah 4 bulan) sedang sakit, dan kapan bayi sakit perlu dibawa ke dokter:

Demam
Tubuh si kecil lebih panas ketimbang biasanya? Perlu diketahui, demam bukanlah penyakit, melainkan sebuah respons tubuh bayi terhadap penyakit (biasanya ketika terjadi infeksi).

Segeralah ke dokter jika bayi Anda yang berusia kurang dari 3 tahun memiliki suhu rektal (pengukuran suhu melalui mulut) di atas 37 derajat Celsius, atau ketika bayi usia antara 3-6 bulan yang memiliki suhu di atas 38 derajat Celsius.

Meski suhu tubuh lebih rendah dari panduan di atas, tapi jika bayi Anda menunjukkan tanda-tanda seperti ruam pada kulit, rewel, nafsu makan buruk, sulit bernapas, leher kaku, muntah-muntah, diare, atau dehidrasi, segeralah membawanya ke dokter.

Dehidrasi
Kondisi ini terjadi ketika bayi memiliki pola makan yang buruk, demam, dan mengalami muntah-muntah serta diare secara terus-menerus. 

Anda bisa mendeteksi dehidrasi pada si kecil ketika bayi Anda mengalami mulut dan gusi yang kering, frekuensi buang air kecil menurun, atau menangis tanpa mengeluarkan air mata. 

Karena dehidrasi bisa menyebabkan kondisi kesehatan yang lebih parah, segeralah ke dokter jika anak Anda menunjukkan tanda-tanda seperti di atas.

Diare
Penyakit ini sangat umum terjadi pada bayi, tapi kunjungi dokter segera jika Anda menemukan darah pada feses anak, atau mengalami mencret lebih dari enam kali dalam satu hari. Sebab itu merupakan tanda si kecil tidak mendapatkan asupan air yang cukup alias dehidrasi.

Muntah-muntah
Bayi muntah adalah hal yang wajar, tapi tidak jika terjadi terlalu sering. Muntah mungkin bukan sebuah kondisi yang serius jika terjadi 1-2 kali dalam sehari. Tapi menjadi bahaya jika muntah si kecil diikuti dengan darah atau berwarna hijau, atau si kecil nampak dehidrasi. Apabila ini yang terjadi, segera bawa bayi ke dokter.

Sulit bernapas
Jika bayi mengalami masalah dalam bernapas, Anda perlu ke rumah sakit segera. Tanda si kecil mengalami kesulitan dalam bernapas antara lain, bernapas lebih cepat ketimbang biasanya, ketika membuang napas bunyinya seperti sedang mendengkur, atau kulitnya menjadi kebiruan.

Flu
Penyakit yang disebabkan virus ini merupakan penyakit yang umum terjadi pada bayi, biasanya terjadi selama 1-2 minggu. Ciri-cirinya: hidung merah, demam, nafsu makan yang buruk, dan batuk.

Anda boleh khawatir dan berkunjung ke dokter, apabila suhu tubuh anak lebih dari 37 derajat Celsius (jika di bawah usia 3 bulan) atau lebih dari 38 derajat Celsius (jika berusia antara 3-6 bulan), timbul ruam, mengalami kesulitan bernapas, semakin rewel, sering muntah, dan gejala flu terjadi selama lebih dari 2 minggu.

FOTO: KE DOKTER.JPG – ALLBDYOUTH.COM

Produk Terkait:
My Baby Minyak Telon, My Baby Minyak Telon Plus, My Baby Minyak Kayu Putih Plus, My Baby Vapor Rub

Tags : kesehatan anak, demam pada bayi, anak sakit, gejala sakit