Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > PERAWATAN BAYI
Kenali Kulit Sensitif Bayi
Kenali Kulit Sensitif Bayi

Saat bermain bersama si Kecil, tiba-tiba Bunda menyadari muncul ruam kemerahan pada kulit Si Kecil yang disertai gatal yang membuatnya jadi rewel. Jangan buru-buru panik. Ada kemungkinan kulit si Kecil sensitif.

Penyebab Kulit Sensitif
Umumnya kulit bayi memang lebih sensitif bila dibandingkan kulit orang dewasa. Hal ini disebabkan karena produksi melanin (zat protein yang selain memberi warna pada kulit juga berfungsi melindungi kulit dari sinar matahari) yang lebih sedikit serta lapisan kulit bayi juga lebih tipis. Ini menyebabkan kulit bayi lebih sensitif terhadap produk perawatan bayi dan rentan terhadap alergi.

Kulit si Kecil tergolong sensitif jika muncul beberapa masalah kulit saat menggunakan produk perawatan bayi yang tidak cocok, suhu air yang kurang tepat saat memandikan atau kena gigitan serangga. Masalah kulit ini bisa berupa kulit kering, alergi, ruam, mengelupas dan bahkan hingga infeksi. Kulit sensitif pada bayi dapat pula disebabkan oleh faktor genetis atau keturunan.

Menjaga Kulit Sensitif
Supaya kulit si Kecil selalu sehat, berikut beberapa hal yang dapat Bunda lakukan:

  1. Pastikan suhu air mandi si Kecil tidak terlalu dingin atau terlalu panas.
  2. Mandikan si Kecil 2-3 kali sehari tergantung aktivitasnya. Gunakan sabun khusus untuk bayi dan jangan gunakan sabun antiseptik.
  3. Segera keringkan kulit bayi setelah mandi dengan handuk yang lembut. Pastikan Bunda mengeringkan setiap lipatan pada tubuh bayi.
  4. Setelah kulit bayi kering, sangat dianjurkan untuk mengoleskan minyak telon agar bayi tetap hangat dan kulitnya tetap lembab. Bunda bisa menggunakan My Baby Minyak Telon Plus yang berfungsi ganda, yaitu menghangatkan tubuh bayi dan melindunginya dari gigitan serangga dan nyamuk demam berdarah. My Baby Minyak Telon Plus mengandung minyak sereh dan chamomile oil yang dapat pula digunakan sebagai minyak pijat, meredakan perut kembung dan masuk angin.
  5. Pilih pakaian bayi yang ringan, lembut dan menyerap keringat. Jangan kenakan baju/popok yang tebal atau terlalu ketat
  6. Segera ganti popok bayi bila terkena kotoran atau saat bayi bayi buang air besar.
  7. Cuci pakaian bayi dengan sabun cair dan tidak perlu memakai pewangi pakaian karena dapat memicu kulit sensitif.

Tags : my baby, perawatan bayi, kulit bayi, sabun bayi, minyak telon, bedak bayi, kebersihan bayi