Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > PERAWATAN BAYI
MAKAN INI AGAR SI KECIL TUMBUH TINGGI
MAKAN INI AGAR SI KECIL TUMBUH TINGGI

Anak dengan tubuh tinggi ideal menjadi dambaan orangtua, bukan hanya karena secara penampilan lebih menarik, namun dari segi kesehatan pun menunjukkan bahwa ia tumbuh dan berkembang dengan optimal. 

Bahwa tinggi tubuh seseorang anak akan dipengaruhi oleh faktor genetik, tentu kita telah lama mendengar. Secara sederhana  asumsinya adalah jika orangtuanya bertubuh jangkung, anaknya pun akan tumbuh tinggi, begitu juga orangtua yang bertubuh pendek. Namun sebenarnya tinggi buah hati tidak dapat diprediksi sesederhana itu. Masih ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi, salah satunya adalah gizi.

Terkait dengan masalah gizi ini, sebuah studi yang dilakukan Persatuan Ahli Gizi Indonesia pada 2013 menunjukkan anak Indonesia mengalami kekurangan asupan kalsium dan protein yang berujung pada masalah stunting. Salah satu gejala dari stunting adalah  tubuh penderitanya menjadi pendek. Karena itulah, agar si kecil bertubuh tinggi, Bunda perlu memerhatikan makanan yang mengandung kalsium dan protein. Apa saja itu? Berikut di antaranya:

1. Telur
Protein adalah nutrisi yang memainkan peran terbesar dalam meningkatkan tinggi anak. Telur merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung protein tinggi. Membuatkan buah hati telur dadar yang lezat atau telur rebus untuk sarapan adalah cara yang sehat untuk memulai hari mereka dan mendapatkan protein ke dalam tubuh si kecil.

2. Susu
Susu mengandung kalsium yang baik untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang. Protein juga diasimilasi dengan baik oleh susu. Ibu bisa menyajikan  susu setiap hari bagi buah hati atau membuatkannya hidangan lezat dari olahan susu.

3. Kedelai
Kedelai  kaya akan protein yang baik  untuk pertumbuhan tulang dan otot. Salah satu olahan kedelai khas Indonesia adalah tempe dan tahu. Jadi mengapa tidak menyajikannya di meja makan hari ini?

4. Oatmeal
Sebenarnya oatmeal adalah salah satu makanan yang sehat bagi siapa saja karena makanan ini kaya akan protein dan memiliki kadar lemak rendah.

5. Ayam
Si kecil umumnya sangat menggemari berbagai olahan dari ayam, bukan?  Kabar baiknya, ayam  kaya protein yang baik untuk pertumbuhan si kecil, termasuk tinggi tubuhnya.

6. Bayam
Sayuran kegemaran Popeye ini merupakan sayuran yang tidak hanya akan memberi buah hati  zat besi, namun juga kalsium. Kedua nutrisi ini penting untuk memacu pertumbuhan anak.

7. Wortel
Wortel kaya akan vitamin A yang membantu dalam sintesis protein dalam tubuh. Tambahkan wortel mentah ke salad atau sajikan jus wortel, ini akan membantu si kecil tumbuh sehat dan juga tinggi.

8. Buah-buahan
Kita semua tahu bahwa buah merupakan makanan penting bagi anak untuk tumbuh sehat dan kuat. Buah yang kaya vitamin, seperti mangga, melon, jeruk, dan sebagainya akan membantu anak-anak  tumbuh lebih tinggi dan memperkuat tulang mereka.

9. Biji-bijian utuh
Berikan si kecil makanan yang mengandung biji-bijian utuh (whole grain) kapan pun! Whole grain merupakan biji-bijian paling sehat karena kaya akan vitamin B dan zat besi. Biasanya si kecil akan gemar roti gandum serta sereal (whole grain).

10. Yogurt
Yogurt adalah sumber vitamin D dan kalsium yang sangat baik bagi pertumbuhan anak, termasuk tinggi tubuh. Jika si kecil bukan penggemar yogurt, ia bisa menikmati keju, karena keju juga kaya akan protein, kalsium dan vitamin D.

Ibu dapat mencoba 10 makanan di atas untuk membantu si kecil tumbuh tinggi. Namun mohon selalu diingat, gizi yang terbaik bagi anak adalah gizi yang beragam dan seimbang. Ini artinya jangan biasakan anak mengonsumsi makanan yang itu-itu saja. Makanan yang beragam akan membantu memenuhi kebutuhannya akan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Sementara seimbang lebih pada bagaimana kita menyesuaikan porsi makanan dengan kebutuhan tubuh anak. Dengan prinsip gizi beragam dan seimbang, buah hati  tidak hanya tumbuh lebih tinggi tapi juga kuat dan sehat!

Tags : my baby, perawatan bayi, kulit bayi, sabun bayi, minyak telon, bedak bayi, kebersihan bayi