Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > PERAWATAN BAYI
Manfaat Menjemur Bayi di Pagi Hari
Manfaat Menjemur Bayi di Pagi Hari

Menjemur bayi di pagi hari memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, karena matahari pagi memiliki kandungan spektrum sinar biru yang dapat membantu dalam mengurangi kadar bilirubin dalam darah bayi. Pada umumnya, bayi baru lahir memiliki kecenderungan kuning karena organ hatinya belum dapat berfungsi dengan sempurna dalam mengolah bilirubin.

Sinar matahari juga perlu untuk membantu pembentukan tulang, tambah dr. Nuraeni Erni Akbar B., DSKK dari RSIA Hermina Jatinegara dan RS Haji, Jakarta. "Provitamin D yang ada pada manusia akan diubah menjadi vitamin D dengan bantuan sinar matahari. Bukankah Vitamin D amat baik untuk pertumbuhan tulang?"
Pada kondisi-kondisi tertentu, semisal bayi mengalami ikterus atau kuning waktu lahir, dianjurkan untuk dijemur tiap pagi sebelum pukul 10.00. Pada sinar matahari di bawah pukul 10.00, ada blue light yang membantu mengolah zat kuning tersebut hingga nantinya dikeluarkan tubuh melalui BAK atau BAB. Jemur si bayi dalam keadaan telanjang, baik punggung maupun dadanya, sekitar setengah jam.

Manfaat lain dari sinar matahari ialah mematikan kuman dan virus dalam waktu 24 jam. Itu sebab, amat dianjurkan agar rumah, terutama kamar tidur, dapat dimasuki cahaya matahari.

Sebaiknya jemur bayi sebelum pukul 08.00 pagi hanya selama 15 menit saja. Jangan terlalu siang dan lama, karena kulit bayi masih sangat tipis dan sensitif, sehingga tidak mampu menahan terik sinar matahari.

Hal-hal lain yang perlu diketahui saat menjemur bayi adalah seperti berikut:
1.    Bayi dapat dijemur dari balik jendela namun tetap terkena sinar matahari, jika sinar matahari terlalu terik atau rumah berada di jalan raya dan banyak polusi.
2.    Tanggalkan semua pakaian yang dikenakan bayi, termasuk popok. Pastikan bahwa sinar matahari mengenai tubuh bayi secara merata. Balikkan tubuh bayi setelah 15 menit.
3.     Lindungi mata bayi dari sinar matahari. Jika perlu Ibu dapat menutupi mata bayi dengan kacamata tabir surya (sunglasses).
4.    Selama menjemur, terus awasi bayi dan jangan meninggalkan bayi sendirian. Jika Ibu merasa kepanasan, maka angkatlah bayi. Jangan biarkan bayi kepanasan.
5.    Saat menjemur, sebaiknya bayi dipangku atau ditidurkan di atas kasur dan jangan pernah meninggalkan bayi sendiri.
6.    Berikan sentuhan atau pijatan selama berjemur, untuk meningkatkan kontak antara Ibu dan bayi.
7.    Berikan ASI saat sudah selesai berjemur, karena sinar matahari dapat meningkatkan penguapan dari kulit bayi yang menyebabkan bayi mengalami dehidrasi.

FOTO: HOWTOGETRID.ORG

Produk Terkait:
My Baby Powder Fresh Fruity, My Baby Lotion, My Baby Cologne,

Tags : jemur bayi, kesehatan bayi, bayi kuning, tumbuh kembang bayi