Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > PERAWATAN BAYI
Manfaat Vitamin A Bagi Si Kecil
Manfaat Vitamin A Bagi Si Kecil

Apakah buah hati Bunda sudah cukup mendapatkan asupan vitamin A? Bulan Februari dan Agustus ditetapkan pemerintah sebagai Bulan Vitamin A dengan pemberian vitamin A gratis pada bayi usia 6-59 bulan di Posyandu dan Puskesmas.  

Dosis vitamin A yang diberikan berupa obat tetes dan harus sesuai usia anak, untuk bayi 0-6 bulan diberikan 3x50.000 IU dan bayi usia 6-11 bulan diberikan kapsul berwarna biru yang memiliki dosis 100.000 IU. Sedangkan anak usia 1-5 tahun diberikan kapsul bewarna merah dengan dosis 200.000 IU.

Manfaat vitamin A
Bunda mungkin sudah tahu jika vitamin A bermanfaat besar terhadap kesehatan mata dan dapat mencegah kebutaan. Selain itu, vitamin A juga membantu pertumbuhan tulang, sel dan jaringan tubuh (terutama pada rambut, kuku dan kulit), serta melindungi tubuh dari infeksi.

Sayangnya, tubuh tidak bisa memproduksi sendiri vitamin A, jadi Bunda harus memberi asupan melalui makanan atau dalam bentuk kapsul atau tetes vitamin A pada si Kecil.  Tak sulit menemukan bahan makanan yang mengandung vitamin A. Bunda dapat menemukannya pada minyak ikan, hati, kuning telur, mentega, sayur-sayuran berwarna hijau tua dan buah-buahan berwarna oranye/jingga. ASI juga merupakan sumber makanan terbaik bagi bayi.

Jangan Berlebihan atau Kekurangan
Meski besar manfaatnya bagi tubuh, kelebihan atau kekurangan vitamin A akan memberi dampak buruk pada perkembangan Si Kecil. Karena sifatnya yang tidak larut dalam air, kelebihan vitamin A dapat menyebabkan keracunan, penebalan kulit dan mengganggu perkembangan ginjal.

Sedangkan bila kekurangan vitamin A, anak akan berisiko mengalami rabun senja, mata menjadi kering dan mudah terkena infeksi. Bila berlanjut dan tidak diberi pengobatan yang tepat, anak bisa saja mengalami kebutaan permanen.

Tags : kesehatan anak, gizi anak, nutrisi anak, makanan anak, vitamin A, manfaat vitamin A, perawatan bayi