Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > PERAWATAN BAYI
Membersihkan Kotoran Hidung Bayi
Membersihkan Kotoran Hidung Bayi

Hidung bayi akan terlihat kotor terutama saat pilek. Biasanya hidung akan terlihat berlendir. Nah, untuk membersihkan kotoran hidung bayi ada dua cara, berikut penjelasannya:

MENGISAP HIDUNG
Secara tradisional beberapa orangtua membersihkan hidung bayi dengan cara menyedot kotoran di hidung bayi menggunakan mulut. Para pakar tidak semua sependapat dengan cara ini, ada yang pro dan kontra. Bila akan melakukannya, pastikan Bunda/Ayah tidak sedang sakit semisal flu karena dikhawatirkan malah akan menularkan penyakitnya pada bayi. Caranya, tutup sebelah lubang hidung dengan jari, lalu isap sebelahnya. Begitu bergantian. Jangan sekali-sekali mengisap kedua lubang sekaligus, karena berbahaya. Lendir dapat naik ke telinga tengah, sehingga menimbulkan infeksi telinga tengah.

KAPAS BERTANGKAI
Cara kedua dengan menggunakan kapas bertangkai yang dibasahi. Cara ini pun sebenarnya tak semua ahli sependapat. Kalau orangtua ingin melakukannya, pastikan kotoran itu sudah tampak di tepi cuping hidung. Jangan coba membersihkan atau mengorek-ngorek kotoran yang masih berada di dalam hidung, karena tindakan itu justru akan mendorong kotoran semakin ke tengah. Tapi kalau kotoran sudah terlihat, basahi kapas bertangkai dengan air hangat, angkat kotoran tersebut dengan lembut.

BAWA KE DOKTER    
Tapi kalau bayi menderita flu berat, dimana hidungnya selalu meler, tak ada cara lain kecuali membawanya ke dokter. Yang harus dilakukan adalah menyembuhkan penyakitnya dulu, bukan sekadar membersihkan lendir yang keluar dari hidungnya. Biasanya oleh dokter akan digunakan alat berupa aspirator hidung bayi untuk membersihkan kotoran di hidungnya.

FOTO : Nakita

Produk Terkait: My Baby Oil

Tags : cara membersihkan bayi