Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > PERAWATAN BAYI
Mudahnya Melakukan Baby Spa di Rumah
Mudahnya Melakukan Baby Spa di Rumah

Perawatan spa kini bukan hanya milik kaum wanita, atau ibu hamil. Bayi pun bisa menikmati spa khusus bayi (baby spa), entah itu sendiri atau bersama sang ibu.
Baby spa biasanya terdiri atas dua kegiatan. Pertama, hydrotherapy, di mana bayi mengambang di dalam kolam mini selama sekitar 15 menit. Sebuah pelampung akan dikalungkan di leher untuk mencegah kepala mereka masuk ke dalam air. Kedua, pijat bayi, yang dilakukan oleh pemijat yang telah memiliki sertifikat baby massage.

"Kami mendapati bahwa bayi merasa air itu menenangkan, dan membuat rileks," ujar Kristi Ison, pemilik Float Baby di Houston, Texas. "Sebelum bisa berguling, bayi ingin bergerak tapi tidak bisa karena biasanya mereka digendong atau ditaruh di kereta dorong. Jadi ketika kami memasukkannya ke air dan merasakan kebebasan itu, mereka sangat menikmatinya."
 
Menurutnya, bayi yang lebih kecil akan bereaksi lebih baik karena mereka baru menghabiskan sembilan bulan berenang di dalam cairan ketuban di rahim sang ibu. Sedangkan bayi yang lebih besar biasanya suka menendang dan menyipakkan air.

Ada pun pijat bayi memberikan stimulasi multi-sensori, baik itu indera peraba, penciuman, pendengaran, dan tentunya penglihatan. Jika dilakukan bersama sang ibu, ritual spa ini tentu akan membuat rileks Mama dan si kecil.

Aktivitas ini sebenarnya tergolong sederhana. Bahkan sebenarnya ritual baby spa bisa dilakukan sendiri di rumah. Sesi hydrotherapy mungkin bisa Anda abaikan, kecuali Anda memiliki kolam renang mini di rumah. Untuk baby massage, Emma Nash, pendiri Tiddley Pom, perusahaan perlengkapan bayi, menguraikan langkah-langkahnya berikut:

  • Siapkan ruangan yang hangat, dengan pencahayaan dan musik yang lembut sebagai latar belakangnya.
  • Gelar handuk di lantai, dan pilih pakaian yang nyaman.
  • Tuangkan satu sendok teh minyak pijat atau lotion ke tangan Anda. Oleskan pada lengan bayi, sambil tetap menatap mata si kecil untuk membangun ikatan bersamanya.
  • Sambil menyesuaikan dengan irama musik, mulailah memijat lengan dan tangan bayi. Perhatikan setiap lekuk tangan dan jemarinya, dan lipatan-lipatan pada kulitnya.
  • Lakukan hal yang sama pada pundak dan perutnya. Dengan gerakan melingkar searah jarum jam, pijat perut bayi sekitar satu menit.
  • Pindahlah ke bagian kaki, dan regangkan sedikit. Tekan dengan lembut telapak kakinya.  
  • Balikkan tubuh bayi secara perlahan untuk memastikan jalan napasnya tidak terhalang. Lalu pijat lembut punggungnya.  
  • Balikkan kembali tubuhnya hingga telentang, lalu bungkus tubuhnya dengan handuk.


FOTO: MASSAGEMAG.COM

Produk Terkait:
My Baby Lotion, My Baby Minyak Telon, My Baby Minyak Telon Plus, My Baby Moms Hand Sanitizer, My Baby Extra Thick Wipes Fresh Fruity, My Baby Extra Thick Wipes Sweet Floral, My Baby Extra Thick Wipes Antibacterial

Tags : pijat bayi, baby spa, spa untuk bayi, spa di rumah, DIY, kesehatan bayi