Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > PERAWATAN BAYI
Pentingnya Membersihkan Mulut Bayi
Pentingnya Membersihkan Mulut Bayi

Seberapa penting sih membersihkan dan merawat mulut bayi? Jelas penting. Sebab, seperti anak-anak pada umumnya, makanan bayi baik ASI maupun susu formula mengandung gula. Nah, jika sisa-sisa makanan bayi itu tidak dibersihkan, lama-kelamaan akan semakin menumpuk di lidah.

Jika hal itu terus berlanjut akan membuat lidah bayi bermasalah, timbul rasa sakit, sariawan, dan bayi bisa mengalami gangguan pengecapan. Juga gigi bayi yang baru beberapa buah akan rentan mengalami karies. Jadi, membersihkan mulut bayi sangat bermanfaat untuk kesehatan giginya.

Oleh karena itu, setiap kali bayi diganti popoknya, di saat itu pula aktivitas membersihkan mulut bayi dimulai. Kalau popok sekali pakai yang dikenakan si kecil wajib diganti setiap empat jam sekali, maka dalam kurun waktu 12 jam, mulut bayi setidaknya tiga kali kita bersihkan. 

Perlu Anda ketahui pula efek yang dapat terjadi jika orangtua malas membersihkan mulut bayi, yaitu:
•    Kena gangguan gigi. Gigi yang sehat adalah putih seperti mutiara. Tapi jika sudah terkena demineralisasi asam akan berubah menjadi seperti kapur. Setelah itu akan berubah menjadi kecoklatan. Awalnya memang baru muncul lubang setitik jarum. Tetapi, jika tetap dibiarkan, maka lapisan email akan rusak dan selanjutnya lubang membesar.    

•    Selain gigi, lidah akan terganggu. Pada bayi yang belum memiliki gigi, lidah yang akan menerima efeknya. Sisa-sisa makanan akan menempel dan menumpuk di lidah. Kondisi itu akan menjadi media tumbuhnya bakteri dan jamur, juga bisa membuat lidah merasa tidak nyaman, sariawan, dan lidah berdarah.
Jika membersihkan mulut bayi tidak dilakukan, lidahnya akan terlihat putih, itu adalah tanda lidah bayi sudah ditumbuhi jamur. Jika jamur tersebut kita kerok atau terangkat, maka lidahnya akan berdarah. Konsultasikan ke dokter untuk penanganan yang tepat.

FOTO: MULUTBAYI.JPG – EMMASDIARY.CO.UK

 

Tags : kesehatan bayi, kesehatan mulut, kesehatan gigi