Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > PERAWATAN BAYI
Permainan Sederhana untuk Bayi (1-6 Bulan)
Permainan Sederhana untuk Bayi (1-6 Bulan)

Tak hanya bisa meningkatkan keintiman, bermain bersama anak juga akan membantu proses tumbuh kembang mereka. Sebab ketika masih kecil, bermain merupakan proses belajar yang paling efektif. Yang terpenting adalah pemilihan permainan yang tepat sesuai dengan usia mereka. 

Berikut beberapa permainan sederhana yang bisa dilakukan untuk bayi Anda (1-6 bulan):

Permainan mendengar
Cara: Ketika sedang duduk di kursi bayi, bunyikan kerincingan atau mainan yang berbunyi di sisi kiri lalu ke kanan tubuh si kecil. Anda juga bisa membisikkan sesuatu dengan suara lembut di dekat telinga kiri lalu kanan si kecil. Biarkan mereka mencari arah datang suara tersebut.

Yang dilatih:  kemampuan mendengar.

Permainan meniru
Cara:
Letakkan bayi pada posisi dimana mereka bisa fokus pada wajah Anda. Lalu julurkan lidah Anda sejauh mungkin. Lakukan gerakan ini secara perlahan sekitar 5-6 kali. Perhatikan setiap gerakan yang si kecil lakukan. Memang anak butuh banyak waktu dan latihan untuk bisa benar-benar meniru aksi Anda. Pada usia ini, meniru adalah aktivitas yang kompleks.

Yang dilatih: kemampuan melacak visual, perkembangan sensorik, dan kesadaran akan organ tubuh mereka.

Permainan sit-up.
Cara: Sediakan selimut berbahan halus, lalu baringkan si kecil menghadap Anda. Pegang pergelangan tangan anak, kemudian tarik  hingga si kecil posisi duduk. Balikkan anak pada posisi berbaring secara perlahan. Ulangi gerakan ini beberapa kali.

Yang dilatih: perkembangan kemampuan sosial, kepercayaan pada orang lain, dan kekuatan tubuh bagian atas (khususnya otot leher).

Permainan bunyi bel
Cara: Taruh si kecil di kursi bayi, lalu ambil bel dan bunyikan di atas kepala mereka.  Lakukan hal yang sama pada sisi kiri dan kanan anak. Amati apakah mata si kecil  mengikuti bel yang Anda bunyikan.

Yang dilatih: kemampuan melacak visual.

Produk Terkait:
My Baby Powder Fresh Fruity

Tags : keterampilan motorik, tumbuh kembang anak, permainan edukatif