Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > PERAWATAN BAYI
Ritual Bayi Setelah Mandi
Ritual Bayi Setelah Mandi

Seusai aktivitas memandikan si kecil selesai, ada perawatan selanjutnya yang tak kalah penting agar tubuhnya tetap bersih, sehat, dan wangi. Berikut ritual yang dilakukan usai bayi mandi:   

  1. Setelah tak ada lagi sisa bekas busa sabun dan sampo, angkat bayi dengan tangan kiri di kepala dan tangan kanan di pergelangan kaki. Rapatkan kedua kaki si kecil dengan posisi telunjuk kanan ibu ada di antara kedua kakinya. Letakkan bayi di atas handuk yang telah dibentangkan tepat di tengah-tengah.
  2. Tutup tubuh bayi dengan bagian handuk di sebelah kiri dan kanan, lalu keringkan kepalanya dengan "sisa" handuk di bagian atas. Setelah itu keringkan seluruh tubuhnya, tangan dan kaki, lalu pindahkan bayi ke atas susunan pakaiannya.
  3. Bersihkan tali pusat bayi, terutama bagian yang dekat dengan dinding perut, dengan cotton buds yang telah dibasahi alkohol 70%, lalu bungkus pangkal tali pusat dengan kasa steril yang sudah dicelup alkohol 70%. Caranya seperti membedong, yaitu membentuk segitiga. Jika sisa tali pusat pendek, kasa cukup dibuat simpul. Yang penting, pangkal tali pusat harus tertutup.
  4. Olesi perut dan punggung bayi dengan minyak telon, bila perlu. Boleh juga diberi krim pada daerah lipatan paha.
  5. Setelah itu pakaikan popoknya, baru kemudian bajunya. Selanjutnya sisiri rambutnya.
  6. Jika bayi menangis terus sehabis mandi, boleh dibedong sebentar untuk menghangatkan tubuhnya. Kira-kira satu jam kemudian, buka bedongnya agar ia bebas bergerak.

Foto : Nakita

 

Produk Terkait:
, My Baby Minyak Telon Plus

Tags : memandikan bayi, kebersihan bayi, kesehatan bayi