Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > PERAWATAN BAYI
Saat Hidung Si Kecil Tersumbat
Saat Hidung Si Kecil Tersumbat

Umumnya bayi berusia dibawah 2 tahun sering mengalami flu dan pilek. Bila terserang penyakit ini, hidung bayi akan tersumbat yang mengakibatkan ia menjadi sering menangis dan rewel.  Bunda perlu tahu beberapa cara praktis untuk mengatasinya agar buah hati Bunda dapat kembali bernafas dengan lega.

Cara mengatasi hidung bayi tersumbat

  1. Inhalasi atau penguapan dapat dilakukan untuk mengatasi hidung bayi yang tersumbat. Caranya, tempatkan air panas dalam baskom atau ember, teteskan minyak telon secukupnya dan letakkan dekat dengan tempat tidur bayi. Bunda juga bisa menggendong Si Kecil dengan posisi tengkurap dan posisikan wajahnya di atas ember. Uapnya akan terhirup oleh bayi dan membantu melegakan hidungnya yang tersumbat.
  2. Larutan garam dapat juga digunakan untuk mengatasi hidung tersumbat. Bunda dapat membeli larutan garam ini di apotek dan juga aspirator yang berfungsi untuk menyedot cairan dari lubang hidung. Caranya, teteskan 2-3 larutan garam ke dalam hidung bayi, tunggu beberapa menit hingga cairan di hidung melunak. Lalu gunakan aspirator untuk menyedot lendir dari saluran hidung.
  3. Pijatan lembut dapat membantu melegakan hidung bayi yang tersumbat. Pijat area atas hidung dan alis menggunakan My Baby Minyak Telon Plus Longer Protection, cukup lakukan dengan gerakan lembut menggunakan 1-2 jari.
  4. Atur posisi tidur si Kecil agar letak kepala lebih tinggi dari badannya. Miringkan badan bayi saat tidur yang akan membantu melegakan hidungnya yang tersumbat. Bila hidung kanan bayi yang tersumbat, miringkan tubuhnya ke arah kiri saat tidur. Begitu juga sebaliknya.

Bila cara-cara diatas tidak berhasil dan Bunda masih khawatir, segera konsultasikan kesehatan si Kecil dengan dokter anak. Meski hanya keluhan ringan, tapi jangan anggap remeh hidung bayi yang tersumbat, terutama pada bayi yang berusia dibawah 1 tahun.

Produk Terkait:
, My Baby Minyak Telon Plus,

Tags : Flu Bayi, Flu Anak, Bayi Pilek, Hidung bayi tersumbat, mengatasi hidung bayi tersumbat, kesehatan anak, kesehatan bayi, perawatan bayi