Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > PERAWATAN BAYI
Sentuhan yang Menenangkan Si Kecil
Sentuhan yang Menenangkan Si Kecil

Banyak hasil riset menunjukkan bahwa sentuhan orangtua, terutama ibu, berperan penting dalam perkembangan fisik dan psikologis bayi. Sentuhan lembut pada bayi sejak ia baru lahir akan membantu bayi merasa nyaman dan lebih dekat dengan orangtuanya.

Begitu pentingnya sentuhan pada bayi ini, alangkah baiknya bila Bunda melakukannya sesering mungkin. Selain memberi rasa nyaman, manfaat lain dari sentuhan pada bayi adalah:

  • Menurunkan demam
    Saat Si Kecil demam, Bunda bisa memberikan Si Kecil sentuhan berupa pijatan lembut yang akan membuatnya merasa nyaman dan terlindungi sehingga proses penyembuhan akan lebih cepat.
     
  • Meredakan batuk dan pilek
    Batuk dan pilek menyerang hidung, leher dan kepala, jadi Bunda bisa memberikan pijatan lembut pada bagian-bagian tubuh tersebut. Usapan hangat dari tangan Bunda akan memicu hormon endorfin anak yang akan membuat tubuh anak kembali sehat.
     
  • Menghentikan tangis
    Tangis si Kecil bisa disebabkan oleh banyak sebab, seperti rasa lapar, haus, bosan, marah, digigit serangga dan lainnya. Bila karena digigit serangga, Bunda bisa menyentuh bagian tubuh yang terluka sambil berusaha menenangkannya. Sementara untuk rasa lapar dan haus, Bunda dapat menenangkannya untuk sabar menunggu sampai yang dia butuhkan siap.
     
  • Mengatasi rasa takut
    Kebanyakan anak kecil mudah merasa takut, misalnya takut pada orang asing, tempat yang baru, binatang dan lainnya. Bila Si Kecil mulai menangis dan menjerit ketika merasa takut, segera peluk dan belai punggung, kepala dan wajahnya. Sentuhan ini akan membuatnya tenang, Bunda juga bisa sambil menenangkannya dengan kalimat-kalimat positif.
     
  • Meningkatkan berat badan
    Sentuhan berupa pijatan lembut terbukti memberi andil besar pada kenaikan berat badan pada bayi prematur. Pijatan biasanya diberikan pada jari-jari, dada, punggung dan leher bayi.

Selain dengan pijatan, sentuhan dapat dilakukan pula dengan menaruh bayi di dada Bunda. Sebaiknya dilakukan di ruangan dengan cahaya redup dan gunakan selimut jika Bunda sekaligus ingin beristirahat agak lama. Kebiasaan ini sebaiknya dilakukan hingga bayi berusia 6 bulan.

Produk Terkait:
, My Baby Minyak Telon Plus, , My Baby Minyak Telon Plus Longer Protection

Tags : Perawatan bayi, pijatan bayi, sentuhan ibu, manfaat pijat bayi, memijat bayi