ARTICLE > CATEGORY > PERAWATAN BAYI
Si Kecil Berkeringat Berlebih, Normalkah?
Si Kecil Berkeringat Berlebih, Normalkah?

Kalau Bunda amati, saat tidur atau menyusu, si Kecil kadang berkeringat pada bagian kepala, tangan atau kaki. Keringatnya kadang-kadang berbentuk bulir-bulir besar dan cukup deras, bahkan sampai bantal si Kecil basah. Normalkah bila si Kecil mengeluarkan keringat berlebih? 

Mengapa Bayi Berkeringat?
Sebenarnya Bunda tidak perlu khawatir bila si Kecil sering dan banyak berkeringat. Keadaan ini lumrah dialami oleh bayi berusia 0-12 bulan. Keringat sendiri sebenarnya adalah cara tubuh bayi mengeluarkan sisa-sisa metabolisme yang berupa garam atau racun. Dengan keluarnya keringat, suhu permukaan kulit bayi akan tetap terjaga. Ketika usianya bertambah, keringat berlebih ini akan menghilang dengan sendirinya. 

Menjaga Kulit Bayi Tetap Kering
Agar bayi tidak mengalami gangguan kulit akibat keringat berlebih, ada beberapa hal yang harus Bunda perhatikan:

  • Jaga kulit bayi agar tetap kering dengan sering mengelap tubuhnya yang berkeringat. Ini dilakukan agar terhindar dari biang keringat.
  • Pilih pakaian bayi berbahan dasar katun yang mudah menyerap keringat.
  • Sering mengganti pakaian bayi, jangan sampai pakaiannya lembab atau basah oleh keringat.
  • Perhatikan sirkulasi udara di kamar bayi. Usahakan udara dapat mengalir bebas di dalam kamar bayi melalui jendela dan lubang ventilasi. Gunakan AC bila perlu.
  • Bila bayi menggunakan topi/penutup kepala, sebaiknya tidak dikenakan terus menerus. Sesekali lepas topi/penutup kepala si kecil selama beberapa jam.
  • Bila bayi banyak berkeringat, bantal yang dipakainya akan basah/lembab. Jemur bantal bayi dan sering mengganti sarung batal agar tetap kering.
  • Mandikan bayi secara teratur setiap pagi dan sore hari.
  • Bubuhkan My Baby Powder pada tubuh bayi setelah mandi atau setelah keringat bayi dikeringkan. My Baby memiliki rangkaian bedak bayi yang telah teruji secara klinis. Dengan formula yang lembut, tekstur yang halus dan mudah merata dapat membantu menjaga kelembaban dan melindungi kulit bayi. Bunda dapat memilih varian My Baby Powder yang tersedia yaitu Soft & Gentle, Sweet Floral dan Fresh Fruity.

Produk Terkait: