Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > PERAWATAN BAYI
Si Kecil Juga Bisa Stres
Si Kecil Juga Bisa Stres

Bayi, seperti orang dewasa, juga bisa mengalami stres. Meski terlihat ringan, stres pada bayi bisa berpengaruh pada tumbuh kembangnya.

Bila Bunda menemukan gejala-gejala ini pada si Kecil, bisa dipastikan ia sedang mengalami stres:

  • Menangis dan rewel
    Wajar bila bayi kerap menangis karena itu caranya menunjukkan kalau membutuhkan sesuatu. Tapi jika frekuensi menangisnya semakin sering dan makin lama, ini menandakan ia mengalami stress.
  • Gelisah saat tidur
    Bayi membutuhkan jam tidur yang panjang untuk pertumbuhannya. Bila bayi sering tidur dengan gelisah atau sebentar-sebentar terbangun, ini juga indikasi bahwa ia sedang stres. Terutama bila tidur gelisah bukan karena popoknya basah, haus dan lapar atau suara bising dari sekitarnya.
  • Tidak ceria
    Umumnya bayi akan tampak ceria dan tertawa bila diajak bicara dan bercanda. Bila ia malas diajak bermain dan tampak murung, bisa jadi ia sedang stress.
  • Kondisi fisik berubah
    Seperti juga orang dewasa, bayi yang stres juga akan kehilangan nafsu makan. Sehingga berat badannya berkurang. Gejala lainnya juga terlihat pada kulitnya yang makin sensitif dan menunjukkan gejala seperti alergi.

Bila si Kecil menunjukkan gejala mengalami stres, ada beberapa teknik yang bisa dilakukan Bunda untuk membuatnya ceria kembali.

Penuhi kebutuhan dasarnya

Bayi bisa stres karena kebutuhannya tidak cepat dipenuhi saat ia merasa lapar atau haus. Beri si Kecil makan atau minum yang dibutuhkannya sesegera mungkin, jangan biarkan ia menangis terlalu lama. Penuhi pula kebutuhannya akan kasih sayang dengan menggendong atau sentuhan sayang. Juga jangan tinggalkan bayi sendirian dan sebaiknya Bunda segera menenangkan dan menghiburnya saat ia menangis.

Beri lingkungan yang aman dan nyaman

Lingkungan disini termasuk lingkungan rumah maupun orangtua. Beri ia lingkungan tempat tinggal yang tenang, jauh dari suara berisik, bersih dan tidak berpindah-pindah. Orangtua juga jangan sering bertengkar karena bayi dapat mendeteksi emosi dan ekspresi wajah orangtuanya. Orangtua yang sering bertengkar akan membuat bayi menjadi stres.

Pengasuh
Bila Bunda menggunakan jasa pengasuh, usahakan jangan berganti-ganti pengasuh. Karena berganti pengasuh berarti berganti pola pengasuhan pula. Bila ganti pengasuh, awasi pengasuh untuk mengetahui  apakah dia sudah mengasuh si Kecil dengan cara dan metode yang Anda setujui. Anak akan merasa nyaman dan aman dengan pengasuh yang penuh kasih sayang.

Tags : mengatasi stres pada bayi, perawatan bayi