Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > PERAWATAN BAYI
Si Kecil Suka Main Ludah?
Si Kecil Suka Main Ludah?

Brrr…. brrr…. wah, si Kecil sedang suka main ludah, ya, Bunda? Momen ini pasti tidak akan terlewatkan oleh Bunda, terutama saat si Kecil menginjak usia 3-4 bulan. Karena belum ada koordinasi otot mulut bayi dan belum memiliki gigi, air ludah pun mudah keluar dari mulutnya.

Saat bayi bersuara, yang belum bisa mengucapkan satu kata secara utuh, air ludah pun tak sengaja keluar dari mulutnya, dan inilah yang menjadikan aktivitas memainkan air ludah jadi menarik dan menjadi kegiatan yang mengasyikkan buat si Kecil.

Hal Yang Normal
Jangan cemas bila bayi suka main ludah ya, Bun. Karena di usia 3-4 bulan ini si Kecil memang sedang senang-senangnya main ludah dan menyembur. Jadi ini adalah hal yang normal. Gerakan bayi menyembur adalah gerakan refleks bayi. Si Kecil hanya ingin bereksperimen dengan bagian tubuh, yakni bagian mulut.

Tidak hanya main sembur ludah, kadang si Kecil juga memasukkan jari-jari mungilnya ke mulut yang membuat lebih banyak air ludah yang keluar. Dan tentu saja membuat basah jari, pipi, mulut dan bibir yang membuat si Kecil makin senang dan akan mengulanginya lagi.

Bunda tidak perlu terlalu khawatir jika si Kecil suka sembur-sembur ludah. Beda dengan bila si Kecil mengeluarkan makanan dari mulutnya ketika makan, yang bisa berakibat si si Kecil bisa kurang gizi karena menyemburkan makanan.

Tidak Berlangsung Lama
Perilaku bayi suka sembur-sembur ludah akan hilang dengan sendirinya apabila bayi sudah bisa berkomunikasi dengan lingkungannya secara efektif. Biasanya pada usia 5-6 bulan seiring dengan pertambahan usia anak. Jika lebih dari usia 6 bulan pun si Kecil masih dianggap normal, asalkan tidak disertai gangguan perkembangan motorik dan sensoriknya.

Seiring dengan pertambahan usia anak, orientasinya terhadap hal-hal yang menarik perhatiannya tidak lagi terbatas pada tubuhnya sendiri saja tetapi mulai meluas ke lingkungan dan cara berinteraksi dengan lingkungannya.

Hal yang perlu Bunda lakukan saat si Kecil bermain ludah ini adalah menjaga kebersihan si Kecil. Usap dengan lembut ludah yang menempel pada wajah dan jari si Kecil atau segera ganti baju atau tempat liur si Kecil bila sudah basah.

Produk Terkait:
My Baby Moms Hand Sanitizer, My Baby Extra Thick Wipes Fresh Fruity, My Baby Extra Thick Wipes Sweet Floral, My Baby Extra Thick Wipes Antibacterial

Tags : bayi main ludah, bayi ngiler, perkembangan bayi, kebersihan bayi