Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > PERAWATAN BAYI
Tips dan Cara Merawat Kulit Bayi Agar Halus dan Lembut
Tips dan Cara Merawat Kulit Bayi Agar Halus dan Lembut

Bunda, merawat kulit bayi memang gampang-gampang susah. Di satu sisi, Bunda pasti ingin membuat kulit bayi selalu sehat, halus, dan lembut. Namun di sisi lain, kulit bayi memiliki kondisi yang masih sangat sensitif sehingga tidak boleh sembarangan saat merawatnya. Kuncinya adalah, Bunda harus menemukan Produk Perawatan Bayi  yang tepat untuk bayi. Pastikan produk perawatan kulit bayi memiliki kandungan bahan yang aman. Berikut ini adalah produk perawatan kulit yang dibutuhkan oleh bayi.

SABUN
Sabun khusus bayi umumnya tidak mengandung bahan pemicu iritasi (iritan) sehingga tidak menyebabkan kerusakan kulit. Umumnya ada 2 pilihan jenis sabun, yakni sabun batang dan sabun cair. Keduanya memiliki manfaat dan fungsi yang sama, hanya saja menggunakan sabun cair terasa lebih praktis.

SAMPO
Sampo berguna untuk membersihkan rambut dan kulit kepala. Selain itu, juga membuat rambut tampak lebih mengilat dan lembut. Untuk bayi, pilih sampo yang lebih banyak kandungan airnya sehingga tidak pedih mata. 

HAIR LOTION
Hair lotion berguna untuk menjaga kelembapan dan mengharumkan rambut, juga membuat rambut lebih mudah diatur. Hair lotion untuk bayi tidak mengandung alkohol, hanya mengandung pelembab dengan bahan tambahan alami seperti aloe vera, kemiri, dan seledri. Dengan demikian kandungan ini aman untuk kulit dan tidak menyebabkan iritasi. Gunakan hair lotion seperlunya, misalnya ketika akan bepergian. Dioleskan setelah rambut dicuci bersih atau dikeramas.

BEDAK
Untuk bayi, pilih bedak khusus bayi karena bahan-bahannya tidak membuat kulit iritasi. Hindari pemakaian bedak di sekitar alat kelamin karena malah membuatnya jadi kotor dan jadi tempat yang nyaman untuk berkembangnya kuman. Pemakaian bedak dilakukan setelah mandi dan bermanfaat untuk mengurangi keringat, terutama di daerah lipatan. Gesekan antarkulit juga dapat dikurangi sehingga tidak menimbulkan rash/lecet.

BABY OIL DAN BABY LOTION
Baby oil terbuat dari minyak mineral dan air dan terkadang minyak tumbuhan. Fungsinya melembabkan, membersihkan, serta melembutkan kulit tubuh dan kulit kepala, terutama untuk anak yang memiliki jenis kulit yang cenderung kering.

Baby lotion pada prinsipnya sama dengan baby oil, terdiri atas campuran minyak dan air. Perbedaannya, baby lotion memiliki kandungan Minyak lebih sedikit dibandingkan baby oil. Baby lotion juga lebih banyak digunakan sebagai pelembab kulit, sedangkan baby oil selain pelembab digunakan juga untuk membersihkan daerah popok (diaper area) dan kerak pada kulit di tubuh atau kepala bayi.

BABY CREAM
Baby cream juga mengandung minyak dan air dan terkadang vitamin E dan A yang bermanfaat untuk kulit. Fungsinya melembutkan dan melembabkan kulit bayi dan anak-anak. Baik juga untuk mengurangi gesekan dan pengelupasan kulit bayi, terutama di daerah lipatan paha agar tak terjadi iritasi kulit akibat pemakaian popok. Baby cream juga berfungsi mencegah kulit pecah-pecah dan melindungi kulit dari sengatan matahari. Penggunaan baby cream dapat bertahan lebih lama bila dibandingkan dengan baby lotion atau baby oil karena kandungan minyaknya paling banyak. Jadi sangat tepat bila digunakan untuk melembabkan kulit yang cenderung kering.

Ingat ya, Bunda juga tidak perlu menggunakan terlalu banyak kosmetika yang sebenarnya tidak perlu. Gunakan hanya produk yang diperlukan secukupnya saja. Jika dirawat dengan benar, kulit bayi akan selalu sehat, lembut, dan halus.

Produk Terkait:
My Baby Soap, My Baby Milk Bath, My Baby Hair And Body Wash, My Baby Shampoo Black & Shine, My Baby Shampoo Soft & Smooth, My Baby Powder, My Baby Powder Aromatherapy, My Baby Lotion, My Baby Hair Lotion, My Baby Diaper Rash Cream

Tags : Kulit bayi, perawatan kulit bayi, sabun bayi, bedak bayi, sampo bayi, baby oil, baby lotion, baby cream, kosmetik bayi, produk perawatan bayi