ARTICLE > CATEGORY > PERAWATAN BAYI
WAJIB TAHU BAHAYA KUTU RAMBUT BAGI ANAK
WAJIB TAHU BAHAYA KUTU RAMBUT BAGI ANAK

Gejala awal anak yang berkutu memang rasa gatal pada area kepala. Akibat sering digaruk-garuk, kulit kepala si kecil dapat mengalami luka lecet sehingga mudah terjadi infeksi karena masuknya kuman ke dalam kulit. Bagaimana Ibu bisa mengetahui bila anak sudah mengalami infeksi? Tanda paling terlihat adalah rambut yang bergumpal disertai bau  busuk akibat  kulit kepalanya penuh nanah dan keropeng. Berikut beberapa cara yang bisa Ibu lakukan untuk mengatasi kutu rambut pada anak:

  • Secara sederhana, kutu rambut bisa diusir dengan sisir khusus bergigi rapat (biasa disebut serit). Sisir rambut anak sesering mungkin untuk menghilangkan semua kutu yang ada di rambut si kecil.
  • Namun bila kutu rambut sudah terlalu banyak, obat anti-kutu menjadi cara ampuh untuk menghilangkannya. Pengobatan bertujuan untuk membunuh kutu dan telur. Namun untuk penggunaan pada  balita, konsultasikan pada dokter anak terlebih dulu, untuk menghindari efek samping yang mungkin terjadi.
  • Penggunaan obat diawali dengan keramas hingga rambut  bersih, rambut dikeringkan hingga setengah kering, lalu oleskan obat tersebut.  Diamkan selama 12 jam menggunakan penutup seperti shower cap atau kain/handuk, kemudian rambut anak dicuci kembali. Saat membantu anak memakai sampo tersebut, usahakan rambut Ibu dilindungi agar tidak ikut terkena dampak kutu.
  • Agar semua kutu terlepas, biasanya rambut perlu untuk  disisir menggunakan serit kembali.  Disarankan pengobatan diulang 7 atau 9 hari kemudian, setelah pemberian obat yang pertama.
  •  Bila  Ibu khawatir (atau dokter tidak menyarankan) penggunaan obat kutu, Ibu bisa mencoba menggunakan bahan-bahan alami, seperti minyak zaitun atau minyak esensial  lainnya seperti tea tree oil. Usapkan ke seluruh bagian luar hingga dalam rambut.
  • Selain minyak tersebut, Ibu bisa menggunakan bawang merah dengan cara mengoleskan potongan bawah merah ke seluruh kulit kepala anak. Aroma dan rasa bawang merah  yang menyengat akan membuat kutu mati.
  • Jika  aroma bawang merah dirasa terlalu menusuk,  Ibu bisa menggantinya dengan cuka. Gunakan cuka di seluruh permukaan kulit kepala dan diamkan selama 2 hingga 3 jam sambil rambut ditutup menggunakan handuk/shower cap. Bilas dengan air bersih dan sampo untuk membersihkannya.
  • Setelah si kecil terbebas dari kutu rambut, hindari si kecil dari sumber kutu, ingatkan si kecil untuk tidak memakai topi, helm, atau penutup kepala orang lain.
  •  Perawatan rambut dengan selalu keramas teratur juga perlu dilakukan untuk memastikan rambut si kecil selalu dalam keadaan bersih dan sehat.

Semoga Ibu dapat mengusir bersih kutu di Rambut Buah Hati!

Produk Terkait: