Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > TUMBUH KEMBANG BALITA
SERING TERTAWA BISA TINGKATKAN KEKEBALAN TUBUH BAYI
 SERING TERTAWA BISA TINGKATKAN KEKEBALAN TUBUH BAYI

Tertawa itu menyenangkan, tertawa itu membahagiakan, dan ternyata tertawa itu dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Wow, yuk ajak si kecil banyak tertawa!

Sungguh menggemaskan, saat si kecil tertawa. Ekspresi ini selain menunjukkan rasa bahagia si kecil, juga bisa menjadi ukuran kemajuan perkembangan sosial dan kognitif bayi. Coba, deh, Ibu perhatikan tabel tumbuh kembang bayi, dimulai usia 2 bulan, bayi akan bisa tersenyum, nah pada usia 4 bulan, mulailah bayi dapat tertawa tekekeh-kekeh.

Banyak manfaat dari tertawa dan ini sudah terbukti dalam berbagai penelitian, termasuk manfaat tertawa untuk kesehatan bayi. Uniknya, tertawa yang dapat membuat bayi lebih sehat, bukan  sekadar tersenyum atau mesem-mesem saja, tapi tertawa terpingkal-pingkal.

Menurut penelitian,  tertawa terpingkal-pingkal selama  5 - 10 menit bisa merangsang pengeluaran endorfin, serotonin, dan melatonin.  Ketiganya merupakan zat kimia  yang diproduksi sendiri oleh tubuh dan memiliki efek memicu perasaan senang, membantu memperbaiki suasana hati, dan mengurangi kesedihan serta depresi.

Tertawa juga bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah dan oksigen dalam darah, yang dapat membantu pernapasan. Karena itulah tertawa diyakini akan membawa keseimbangan pada semua komponen dan unsur dalam sistem kekebalan.

CARA MEMBUAT BAYI TERTAWA
Lalu apa yang dapat membuat si kecil tertawa terpingkal-pingkal? Tentu kriteria lucu akan berbeda pada masing-masing bayi. Tapi Bunda bisa mencoba beberapa hal. Misalnya,  memberikan bayi berbagai ekspresi wajah yang lucu (memonyong-monyongkan  bibir, membelalakkan mata, mengernyitkan alis dan dahi, dsb) atau Ibu juga bisa melakukan gerakan tubuh yang tidak biasa dan mengeluarkan suara-suara aneh. Intinya, kita perlu mencari tahu apa yang dapat membuat bayi tertawa hingga terkekeh-kekeh.

Kapan si kecil bisa diajak bercanda? Membuat bayi tertawa  bisa dilakukan kapan saja, saat mengganti popok, saat mandi, dan aneka aktivitas lainnya. Yang pasti, sebelum mengajak bayi tertawa bersama, Bunda harus memastikan bayi  sudah cukup kenyang,  sebab tertawa pastinya membutuhkan energi yang cukup.

Selamat mengajak si kecil tertawa hingga terpingkal-pingkal!

Tags : cara meningkatkan kekebalan tubuh bayi, tertawa bikin sehat, tertawa tingkatkan kekebalan tubuh bayi