Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > TUMBUH KEMBANG BALITA
6 Gejala Fisik Tak Biasa pada Bayi Baru Lahir
6 Gejala Fisik Tak Biasa pada Bayi Baru Lahir

Tak sedikit hal-hal yang terjadi pada bayi membuat ibu panik, bingung, sekaligus khawatir. Ayah dan ibu yang baru saja menyambut kelahiran anak pertama biasanya lebih panik menghadapi "keganjilan" ini. Ketidaktahuan, kurangnya pengalaman, bahkan terlalu banyak informasi acapkali membuat para ayah dan ibu lebih bingung. Wajar bila Anda bingung, tapi jangan sampai panik dan tak tenang. Menyadari adanya keluhan justru membuka peluang supaya penyebab dan cara penanganan dapat dilakukan lebih dini. Dr. Herbowo AF Soetomenggolo SpA., spesialis anak RSIA Hermina Jatinegara, akan menjawab kegundahan hati ayah dan mengenal gejala fisik tak biasa pada bayi dalam beberapa bulan pertama kehidupannya.

Mengapa air mata bayi keruh dan mengeluarkan kotoran mata setiap menangis?

Pada bayi baru lahir memang sering terjadi sumbatan saluran air mata. Gejala yang timbul pada bayi adalah sering keluar air mata dan kotoran mata. Namun jangan khawatir, karena hal ini normal dan umum terjadi pada setiap bayi yang baru lahir. Saat bayi menginjak usia satu tahun, biasanya keluhan ini akan hilang tanpa perlu diobati. Apabila hal ini masih kerap terjadi setelah buah hati berusia satu tahun, maka sebaiknya bayi diperiksakan ke dokter mata karena dikhawatirkan sumbatan ternyata disebabkan kelainan saluran air mata. Buah hati juga memerlukan pemantauan lebih lanjut bila keluhan disertai mata yang memerah atau terjadi pembengkakan di area mata. Pasalnya, hal ini merupakan indikasi mata anak terkena infeksi.

Apa yang harus dilakukan ketika bayi kesulitan bernapas karena hidungnya tersumbat?
Memang sesekali kita akan mendengar bayi mengeluarkan suara berbeda saat bernapas, seperti ada sumbatan pada hidungnya. Beberapa orangtua menyimpulkan bayi sedang pilek, namun perlu dipahami bahwa pilek terjadi bila bayi mengeluarkan ingus tanpa sebab. Tapi, bila suara sumbatan pada bayi terjadi tanpa diiringi keluarnya ingus, Anda tak perlu khawatir. Hal ini disebabkan saluran napas bayi yang masih sempit. Lalu, ketika bayi berada di posisi tertentu, saluran napas menjadi lebih sempit dan terdengar seperti tersumbat saat bernapas. Nah, yang harus diwaspadai adalah bila hal ini masih kerap terjadi. hingga usia enam bulan. Bisa saja ini merupakan indikasi anak mengalami alergi. Jika demikian, ia harus dihindarkan dari pencetus alergi seperti asap, debu, dan bulu.

Kok, pusar bayi menonjol ke luar setiap menangis atau mengejan kencang?
Pusar menonjol ke luar bisa jadi merupakan hernia, tepatnya dinamakan hernia umbilikalis. Pusar akan menonjol ke arah luar bila tekanan di dalam perut meninggi, seperti saat buah hati menangis, mengejan, atau berteriak. Akan tetapi, rata-rata keluhan ini sembuh dengan sendirinya saat anak menginjak usia satu tahun. Bila pada usia satu tahun belum hilang, maka perlu dikonsultasikan ke dokter. Sementara itu, apabila benjolan menetap disertai pusar yang kemerahan dan anak terllihat kesakitan, maka bisa jadi hernia umbilikalis itu terjepit sehingga memerlukan penanganan operasi sesegera mungkin. Dengan kata lain selama benjolan masih bisa hilang dan timbul, orangtua tidak perlu khawatir.

Wajah bayi dipenuhi bintik-bintik putih. Apakah benar ini karena ASI yang mengenai kulitnya?
Bintik-bintik pada wajah disebabkan banyak sekali faktor. Di antaranya faktor hormon, penumpukan lemak di kulit, atau mungkin saja termasuk pada alergi. Selama tidak mengalami iritasi, yang ditandai dengan kemerahan, maka hal ini pun tak perlu dikhawatirkan. Anda hanya perlu memandikan dan membersihkan wajah Si kecil secara teratur, kemudian bintik putih tersebut pun lama-kelamaan akan hilang sendiri.

Wajarkah bila buah zakar Si Buyung besar sebelah?
Buah zakar besar sebelah disebabkan hernia atau hidrokel alias penumpukan cairan di kantung buah zakar. Hidrokel akan hilang sendiri saat bayi menginjak usia satu tahun. Prosesnya memang perlahan-lahan, tetapi hidrokel harus diperiksa bila terus bertambah besar atau tidak mulai berkurang di usia enam bulan. Kemungkinan lain adalah hernia scrotalis, yaitu masuknya sebagian usus ke dalam kantung buah zakar. Hernia di kantung buah zakar akan timbul bila tekanan di dalam rongga perut meninggi seperti saat mengejan, berteriak, atau menangis. Sama seperti hernia di tali pusat, hal ini akan hilang saat buah hati menginjak usia satu hingga dua tahun dan tidak termasuk bahaya selama masih bisa hilang timbul. Namun bila terjadi penjepitan yang ditandai nyeri hebat, pembengkakan, dan warna kemerahan pada buah zakar, segera hubungi dokter.

Bayi menangis terus-menerus disertai posisi lutut yang menekuk dan terangkat. Apakah ia kolik?
Kolik adalah suatu kontraksi usus yang berlebihan. Hal ini umumnya terjadi pada bayi baru lahir. Meski sebagian bayi tidak bermasalah, namun pada bayi lain bisa juga menyebabkan anak menangis terus tanpa henti. Kolik akan hilang sendiri saat anak mencapai usia enam bulan hingga satu tahun. "Perlu dipahami bahwa ASI eksklusif dapat mengurangi frekuensi kolik," ujar Herbowo. Saat nyeri kolik menyerang, orangtua dapat melakukan pijat bayi untuk mengurangi rasa sakitnya. Prinsip dari penanganan kolik adalah membuat anak tenang dan teralihkan rasa nyerinya. Pasalnya, bila orangtua panik, anak justru bisa menangis tambah kencang. Jadi, saat menghadapi bayi kolik cobalah ajak ia bermain, tertawa, berbicara, dan hal lain yang dapat mengalihkan perhatiannya dari rasa nyeri.

FOTO: GEJALA FISIK.JPG – BABYCENTER.COM

Produk Terkait:
My Baby Moms Hand Sanitizer

Tags : kesehatan bayi, fakta bayi, gejala fisik bayi, tumbuh kembang anak