Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > TUMBUH KEMBANG BALITA
Anak yang Makannya Berantakan Pertanda Pintar
Anak yang Makannya Berantakan Pertanda Pintar

Suka sewot ya, kalau lihat anak makannya belepotan ke mana-mana? Makanan tidak hanya berjatuhan ke atas meja makan, tetapi juga menempel ke tangan dan wajahnya. Tapi katanya, anak yang makannya berantakan pertanda pintar. Benarkah begitu?

Para peneliti dari University of Iowa mengatakan, anak-anak yang makannya berantakan sebenarnya sedang mempelajari sesuatu. Hal ini terutama terjadi ketika anak-anak berumur 16 bulan dalam penelitian tersebut diberi makanan atau benda-benda yang lunak.  Anak-anak tentu lebih mudah mengenal benda-benda atau makanan padat, karena bentuk dan ukurannya tidak berubah. Tetapi bagaimana kalau makanan tersebut mudah remuk atau bahkan mencair?

Ketika Anda memberi anak bubur, potongan pisang, makaroni, atau mungkin sedikit mi, coba biarkan mereka menyentuh, merasakan, meremas, memasukkannya ke mulut, mengunyahnya, lalu kemudian melemparnya. Mengapa? Sebab, saat itulah mereka berusaha mengenali makanan atau benda-benda non-padat itu. Semakin sering mereka diberi kesempatan "memainkan"  makanan mereka, semakin baik mereka mengenali makanan itu berdasarkan teksturnya.

Pengaturan tempat duduk juga meningkatkan kemampuan anak untuk belajar. Anak-anak yang duduk di kursi yang tinggi  ternyata lebih mampu mengenali dan menyebut nama makanan daripada anak lain yang duduk di kursi biasa.

"Jika Anda menunjukkan makanan itu pada mereka ketika mereka duduk di kursi yang tinggi, mereka belajar lebih baik.  Ternyata duduk di kursi yang tinggi membuat cara anak makan lebih  berantakan, dan itu ternyata membuat mereka mendapat informasi di luar harapan mereka," ungkap Larissa Samuelson, peneliti utama yang juga profesor psikologi di University of Iowa.

Hasilnya, anak-anak bisa mempelajari kata-kata baru lebih baik, atau dengan kata lain memperoleh kosa kata lebih awal. Hal ini bisa mendorong perkembangan kognitif yang lebih baik di kemudian hari.  

Saat anak melemparkan makanan atau alat makannya dari atas kursi makannya, memang menyebalkan. Alih-alih mengomelinya, lebih baik dampingi dan biarkan mereka belajar sesuatu.

FOTO: MAKANBERANTAKAN.JPG – HUFFINGTON POST.CO.UK

 

Produk Terkait:
, My Baby Moms Hand Sanitizer

Tags : kesehatan anak, nutrisi, anak mandiri, makan berantakan, makan sendiri, tumbuh kembang anak