ARTICLE > CATEGORY > TUMBUH KEMBANG BALITA
Baby Spa untuk Melatih Motorik Bayi
Baby Spa untuk Melatih Motorik Bayi

Tahukah Ibu bila baby spa dapat dimanfaatkan untuk latihan motorik bayi? Jadi, bila si kecil mengalami keterlambatan perkembangan motorik ringan (yang biasanya disebabkan oleh kurangnya stimulasi), Ibu bisa memanfaatkan  aktivitas baby spa ini.

Seperti diketahui, spa untuk bayi  terdiri dari dua aktivitas utama, yakni berenang/berendam di air hangat dan pijat.  Nah, manfaat berenang/berendam adalah untuk merangsang motorik bayi, karena pada saat itu bayi akan menggerak-gerakkan seluruh tubuhnya.  Sedangkan air hangat selain akan memberikan rasa nyaman untuk bayi, juga berfungsi melancarkan sirkulasi darah, meningkatkan kekebalan tubuh dan menstabilkan tubuh agar tidak mudah masuk angin.

Pijat yang Ibu lakukan pada bayi saat spa juga bermanfaat merangsang  saraf motoriknya. Pijatan itu pun dapat memperbaiki pola tidur, membantu pencernaan dan meningkatkan ketenangan  emosional anak, selain menyehatkan tubuh dan otot-otot. Bayi yang dipijat dengan baik dan teratur  dapat tumbuh lebih sehat dan berkembang lebih baik.

            Berikut cara baby spa yang berguna untuk latihan motorik bayi:

  • Perlengkapan yang disiapkan: kolam mini; pelampung leher untuk bayi; handuk lembut untuk mengelap badan bayi; baby lotion untuk memijat, bisa juga dengan minyak telon.
  • Saat akan memasukkan bayi ke kolam air hangat, awali dengan membasuh tangan, kaki, lalu badannya agar bayi tidak kaget.
  • Biarkan si kecil bebas menggerakkan tangan dan kakinya di dalam air.
  • Ajak si kecil bicara untuk merangsang kemampuan bahasa/bicaranya.
  • Usai berenang/berendam, keringkan tubuhnya dengan handuk.
  • Selanjutnya, dengan menggunakan My Baby lotion dan My Baby Minyak Telon Plus lakukan pijatan lembut di daerah tangan, kaki, perut, dan  punggung. 

Produk Terkait: