Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > TUMBUH KEMBANG BALITA
Bonding Orangtua dan Anak Mampu Optimalkan Tumbuh Kembang Anak
Bonding Orangtua dan Anak Mampu Optimalkan Tumbuh Kembang Anak

Hingga saat ini, masih banyak orangtua yang menganggap saluran cerna hanya berfungsi sebagai organ utama dalam penyerapan nutrisi. Padahal, saluran cerna memiliki fungsi lebih dari itu.
Saluran cerna merupakan organ imunitas terbesar dan memiliki berbagai fungsi penting, di antaranya untuk mengolah gizi, menunjang tumbuh kembang anak, dan mendukung pertumbuhan otak atau berpengaruh pada faktor kecerdasan.
Saluran cerna yang sehat juga bisa didapatkan melalui ikatan emosional yang terjalin antara orangtua dan anak. Seperti yang dikatakan Rini Hildayani, Msi, psikolog dan dosen Unversitas Indonesia, ikatan emosional atau bonding antara orangtua dan anak dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anak.
"Ikatan emosional ini bisa didapatkan dengan cara orangtua menyediakan waktu yang berkualitas, komunikasi yang lebih sering, memberi penghargaan atas ekspresi dan emosi anak, serta memberikan rasa aman dan kepercayaan kepada anak. Inilah yang disebut sebagai secure attachment atau pola asuh yang melekat," papar Rini.
Oleh karena itu, saran Rini, orangtua diharapkan dapat bersikap sensitif, responsif, dan konsisten agar pada saat makan anak mendapatkan asupan gizi yang tepat tanpa merasa stres. Saluran pencernaan yang sehat dan nyaman ini, kata Rini, bisa didapatkan melalui pola asuh yang melekat pada anak.
"Saluran cerna anak akan selalu sehat dan nyaman bila proses pemberian nutrisi kepada anak juga dilakukan dengan cara yang baik. Artinya, orangtua tidak memaksa dan mengancam anak pada saat masuk jam makan. Sebab paksaan dan ancaman akan berdampak sebagai sumber stres bagi anak," papar Rini.
Lebih lanjut Rini menjelaskan, bila anak mengalami stres di setiap jam makan, maka anak akan mengalami gangguan pencernaan. Selanjutnya, gangguan pencernaan pada anak juga memiliki konsekuensi psikologis.
"Adanya ketidaknyamanan pada saluran cerna anak dapat memengaruhi kondisi psikologis anak sekaligus orangtuanya. Biasanya ibu yang akan merasa tidak kompeten dalam mengurus dan merawat anak."
Sehingga, pola asuh yang melekat yang diterapkan orangtua kepada anak, kata Rini, dapat turut membuat saluran cerna si kecil menjadi lebih nyaman dan sehat.
"Asupan nutrisi yang tepat, ditunjang kondisi psikologis yang mendukung, serta saluran cerna yang sehat, tentu akan menghasilkan sosok happy kids yang tumbuh dan berkembang dengan baik dan optimal," tandas Rini.

FOTO: BONDINGORANGTUA.JPG – DRKATEROBERTS.COM

Produk Terkait:
, My Baby Moms Hand Sanitizer

Tags : saluran cerna, bonding, kecerdasan anak, tumbuh kembang anak