Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > TUMBUH KEMBANG BALITA
Imunisasi Lengkap Optimalkan Kesehatan Bayi
Imunisasi Lengkap Optimalkan Kesehatan Bayi

Sebagian  orang tua enggan memberikan imunisasi pada bayi karena takut pada efek sampingnya pada Si Kecil. Vaksin imunisasi kerap memiliki efek samping ringan seperti demam dan pegal-pegal. Tapi manfaat imunisasi jauh lebih besar daripada efek sampingnya tersebut. Bila tidak mendapatkan imunisasi, Si Kecil dapat saja terserang penyakit yang berisiko cacat sampai kematian. Secara garis besar, ada beberapa manfaat imunisasi yang akan didapatkan anak dan bayi, yaitu:

  • Tingkat penularan lebih rendah 
    Vaksin seperti influenza dan varisela akan melindungi anak dan bayi dari penyakit flu dan cacar air. Meski risiko terkena penyakit ini masih ada, namun  kemungkinan anak dan bayi akan tertular akan semakin kecil.
  • Membantu meningkatkan kekebalan tubuh 
    Vaksin yang diberikan dalam program imunisasi sudah terbukti secara klinis dapat menguatkan daya tahan tubuh Si Kecil dari serangan penyakit.
  • Membantu menekan penyebaran penyakit 
    Bunda tentu tahu mengenai program wajib imunisasi polio yang digalakkan oleh Pemerintah. Program ini bertujuan menekan jumlah penderita polio di negara kita. Begitu pula dengan program imunisasi yang lain. Dengan semakin kecil jumlah anak dan bayi yang sakit karena telah dicegah oleh imunisasi, maka taraf kesehatan nasional akan semakin baik.

Melihat manfaat besar yang diberikan oleh program imunisasi apakah Bunda masih ragu untuk membawa Si Kecil mendapatkan imunisasi? Bila Bunda masih ragu karena khawatir pada efek sampingnya, Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter Si Kecil. Berikan Si Kecil imunisasi lengkap agar ia makin terlindung dari serangan penyakit.

Tags : my baby, perawatan bayi, kulit bayi, sabun bayi, minyak telon, bedak bayi, kebersihan bayi