Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > TUMBUH KEMBANG BALITA
Ini Manfaat Jika Sesekali Membiarkan Bayi Menangis
Ini Manfaat Jika Sesekali Membiarkan Bayi Menangis

Selama beberapa bulan pertama dalam kehidupan si kecil, Anda tentu akan mencurahkan seluruh perhatian dan kasih sayang dalam merawat si kecil. Hal ini bukan sekadar menjadi kewajiban, tetapi karena memang si kecil membutuhkannya.
"Bayi Anda perlu tahu bahwa ibunya akan selalu ada di sampingnya ketika ia merasa membutuhkan," kata Dr Gregory Germain, dokter anak dari Rumah Sakit Anak Yale-New Haven di Connecticut, AS. "Hampirilah si kecil ketika ia menangis, dan tenangkan dirinya dengan menggendongnya."
Kendati penting memberitahu si kecil bahwa Anda akan selalu ada untuk dirinya, namun tak mengapa jika sesekali membiarkan bayi menangis selama satu atau dua menit.
"Jika si kecil menangis sementara Anda sedang berada di dapur untuk memasak atau mencuci pakaian, tak ada salahnya membiarkan bayi menangis hingga Anda menyelesaikan tugas tersebut," yakin Dr Germain.
Selanjutnya, mengatur rutinitas pada sore dan malam hari, seperti mandi dan mengganti pakaian, lalu naik ke atas tempat tidur sampai Anda bersiap menceritakan dongeng pengantar tidur, dapat membantu si kecil tidur dengan lebih cepat dan pulas.
Cara dan kebiasaan ini memang tak akan langsung berdampak kepada si kecil. Namun setelah dilakukan selama beberapa minggu, si kecil akan mulai terbiasa tidur dengan lebih mudah, lebih lama, dan pulas. Bayi yang tidur dengan pulas akan menjadi bayi yang lebih bahagia, lebih menyenangkan, dan lebih mudah diasuh. Bayi juga akan memiliki periode aktif yang lebih optimal, sehingga dapat meningkatkan proses belajar dan tumbuh kembangnya.
Menurut Dr Robert Jacobson, ketua dan profesor pediatri dari Mayo Clinic di Rochester, Minnesota, AS, rutinitas tidur pada si kecil ini harus mencakup terciptanya suasana damai di dalam rumah.
"Menjelang senja, dan keadaan di rumah sudah mulai lebih tenang, satu hal yang mungkin penting dilakukan di era modern ini adalah mematikan TV satu jam sebelum bayi menjelang tertidur," saran Dr Jacobson. Ia menambahkan, TV cenderung membuat ruangan tetap sibuk dan mudah membuat bayi terjaga.
Selain itu, sebelum tidur buatlah si kecil senyaman mungkin dengan mengganti popoknya. Usapkan juga minyak telon dan bedak bayi agar tubuhnya hangat dan kering.

FOTO: BAYI MENANGIS.JPG – TELEGRAPH.CO.UK

Produk Terkait:
My Baby Powder, My Baby Minyak Telon Plus

Tags : parenting, my baby, baby care