Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > TUMBUH KEMBANG BALITA
Jeli memilih Day Care untuk Si Kecil
Jeli memilih Day Care untuk Si Kecil

Untuk kondisi tertentu, Bunda mungkin akan memilih tempat penitipan anak atau day care untuk menitipkan si Kecil. Sebaiknya, pertimbangkan hal-hal berikut sebelum menentukan pilihan day care terbaik bagi si Kecil.

Lokasi
Untuk memudahkan pengawasan dan menjemput si Kecil, pilih lokasi day care yang dekat rumah atau kantor Bunda atau Ayah. Perhatikan juga apakah letaknya jauh dari keramaian/jalan raya agar suasana tidak bising dan terhindar dari polusi. Bila terletak di gedung perkantoran atau apartemen, day care sebaiknya berada di lantai dasar untuk memudahkan evakuasi bila terjadi kebakaran/gempa bumi. Perhatikan juga kondisi fisik bangunan, sirkulasi udara dan juga kebersihan lingkungan.

Pengasuh
Faktor pengasuh penting sekali diperhatikan saat memilih day care bagi si Kecil. Pengasuh yang baik memiliki pengalaman mengasuh anak dan sensitif terhadap kebutuhan bayi. Idealnya, 4 orang anak usia 1-2 tahun diasuh oleh 1 orang pengasuh. Sedangkan untuk anak usia 3-5 tahun, seorang pengasuh dapat mengawasi hingga 7 anak.

Fasilitas
Perhatikan fasilitas yang tersedia di day care. Day care seharusnya memiliki ruang bermain, tempat tidur, kamar mandi, sarana penunjang belajar, perlengkapan makan sampai sampai peralatan dapur. Tanyakan pula program edukatif yang disediakan bagi si Kecil. Cek ruang bermain yang tersedia apakah cukup luas untuk menampung aktivitas anak, apakah aman dan bebas dari benda-benda yang berbahaya bagi bayi dan anak-anak.

Menu makanan
Bila Bunda tidak sempat menyediakan makanan semi padat atau padat bagi si Kecil, mau tak mau Bunda akan bergantung pada pihak day care untuk menyediakannya. Jadi pastikan day care menyediakan menu makanan anak yang sehat dan bernutrisi.  

Dokter atau Pakar
Idealnya, day care memiliki seorang dokter anak yang siaga selama jam buka. Tapi bila tidak, sebaiknya Bunda memilih day care yang dekat dengan rumah sakit atau klinik. Atau setidaknya day care memiliki dan memahami prosedur pertolongan pertama dalam menangani anak yang jatuh sakit.

Biaya
Faktor biaya tidak kalah penting dalam menentukan day care yang tepat bagi sI Kecil. Setiap orangtua tentu ingin memberikan yang terbaik bagi anaknya. Tapi bila itu artinya harus menguras anggaran rumah tangga tiap bulannya, tentu sebaiknya dipertimbangkan lagi. Pilih day care yang memberikan pelayanan dan pengasuhan terbaik bagi si Kecil dengan harga yang terjangkau.

Produk Terkait:
My Baby Soap Soft & Gentle, My Baby Shampoo Black & Shine, My Baby Shampoo Soft & Smooth, My Baby Powder Fresh Fruity, My Baby Extra Thick Wipes Fresh Fruity, My Baby Extra Thick Wipes Sweet Floral, My Baby Extra Thick Wipes Antibacterial

Tags : my baby, perawatan bayi, kulit bayi, sabun bayi, minyak telon, bedak bayi, kebersihan bayi