Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > TUMBUH KEMBANG BALITA
Kapan si Kecil Mulai Bisa Bicara?
Kapan si Kecil Mulai Bisa Bicara?

Momen saat si Kecil mulai dapat mengucapkan kata-kata pertamanya tentu menjadi momen yang membahagiakan untuk Bunda dan Ayah. Umumnya, bayi akan mengucapkan kata pertamanya saat dia menginjak usia antara 11 bulan hingga 14 bulan.  Yang perlu Bunda perhatikan adalah kemampuan bayi dalam mengucapkan kata pertamanya sangat bervariasi, karena tidak semua bayi memiliki perkembangan yang sama. Ada beberapa bayi yang perkembangan berbicaranya lebih cepat atau lebih lambat, tetapi umumnya tidak terlalu jauh.

Tahapan Perkembangan Bicara
Bunda, berikut beberapa tahapan yang akan dilalui oleh si Kecil, dari mengucapkan kata hingga berkembang menjadi kalimat.

  • Usia 0-6 bulan. Di awal usia ini, kemampuan bicara dan berbahasa dimulai dari tangisan. Ketika si Kecil menyampaikan perasaan dan keinginannya melalui tangisan, biasanya ia akan mengeluarkan suara mengoceh. Untuk mengembangkan kemampuan bicaranya, Bunda bisa memberikan respon bicara dengan nada lembut dan membujuk saat si Kecil menangis atau mengoceh.
  • Usia 6-12 bulan. Pada usia ini, bayi memulai komunikasinya dengan lingkungan sekitar melalui gerak tubuh. Si Kecil mulai dapat melambaikan tangan, menunjukan respon ketika namanya dipanggil dan menunjukan pemahaman terhadap benda-benda yang sering ia digunakan.
  • Usia 12-15 bulan. Si Kecil sudah mampu mengeluarkan satu dua kata dan mereka sudah paham artinya. Si Kecil juga sudah mengerti saat Bunda berkomunikasi dengan satu kalimat sederhana seperti, “kita main bola, yuk…”
  • Usia 18-24 bulan. Ada sekitar 20 kata dan akan lebih dari 50 kata yang dimiliki si Kecil saat mereka mulai menginjak usia 2 tahun. Si Kecil juga mulai belajar mengombinasikan kata seperti “ayah datang”, serta sudah mampu memahami 2 perintah sekaligus. Misalnya, “yuk, ambil buku cerita adek dan bawa ke Bunda…”
  • Usia 2-3 tahun. Kosa kata si Kecil semakin banyak dan beragam dan sudah pintar mengombinasikan dua atau tiga kata menjadi satu kalimat.

Saat usia si Kecil sudah lebih dari 3 tahun, kemampuan komunikasinya semakin cerdas. Selain sudah mampu membedakan warna, si Kecil juga sudah mengerti maksud lawan bicara dan mampu membedakan perintah. Dia sudah paham arti kalimat “simpan di belakang lemari” atau “letakkan di dekat pintu”.  

Perkembangan bicara setiap anak memang berbeda-beda. Namun, jika Bunda melihat si Kecil tampak  kesulitan dalam berbicara pada saat sudah memasuki usia bisa bicara, Bunda sebaiknya segera konsultasi ke dokter.

Produk Terkait:
My Baby Powder Fresh Fruity, My Baby Powder Aromatherapy, My Baby Lotion, My Baby Hair Lotion, My Baby Cologne

Tags : kemampuan bicara anak, tumbuh kembang anak, anak belajar bicara, emngajari anak bicara, perkembangan anak